Rabu 26 Januari 2022, 18:49 WIB

Cuaca Ekstrem Mengancam, Warga Sumsel Diminta Waspada

Dwi Apriani | Nusantara
Cuaca Ekstrem Mengancam, Warga Sumsel Diminta Waspada

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) meminta masyarakat waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi. Berdasarkan perkiraan cuaca saat ini, potensi hujan petir ada di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas.

Sementara potensi hujan ringan di wilayah OKI, OKU Timur, Pagaralam, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. "Kami minta agar masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang-deras yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-sore hari di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas," jelas Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Sinta Andayani, Rabu (26/1).

Ia menuturkan dua banjir sebelumnya yakni 25 Desember 2021 dan 17 Januari 2022 diakibatkan hujan deras yang tergolong cuaca ekstrem. Pada 25 Desember tertera di stasiun pemantauan SMB II bahkan curah hujan mencapai 160 mm per 24 jam. Sementara pada 17 Januari 2022 mencapai 41 mm per jam.

"Ini sudah masuk kategori ekstrem, seperti curah hujan pada 25 Desember itu sama saja dengan curah hujan rata-rata satu bulan ditumpahkan dalam satu hari," ujarnya.

Begitu juga yang tanggal 17 Januari 2022, karena jika sudah di atas 20 mm per jam maka sudah masuk kategori ekstrem. Untuk itu, BMKG mengingatkan warga Palembang khususnya, untuk waspada jika terjadi hujan lebat dengan durasi singkat berkisar 1-3 jam dan disertai petir dan angin kencang.

Diakuinya, kejadian ini diperkirakan pengaruh La Nina yang memberikan dampak pada peningkatan curah hujan dalam dua tahun terakhir. BMKG memperkirakan Sumsel kini memasuki masa puncak musim hujan, yang diperkirakan pada Februari-Maret.

"Kami selalu memperbarui data cuaca di Kota Palembang dan daerah lain di Sumsel. Silakan warga mengunjungi website resmi dan laman instagram kami untuk meng-update perkembangan," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya