Jumat 21 Januari 2022, 17:45 WIB

Ogan Komering Ilir Waspadai Lonjakan Kasus DBD

Dwi Apriani | Nusantara
Ogan Komering Ilir Waspadai Lonjakan Kasus DBD

DOK MI
Ilustrasi

 

MUSIM penghujan sangat rentan dengan kasus demam berdarah (DBD). Hal ini lantaran saat curah hujan tinggi akan berpengaruh pada aktifnya perkembangbiakan nyamuk aedes aegepty penyebab DBD.

Kasus demam berdarah pun kini semakin melonjak terjadi di Ogan Komering Ilir (OKI). Bahkan saat ini ditemukan ada 11 kasus DBD yang melanda masyarakat OKI.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Iwan Setiawan mengatakan sepanjang Januari ini ada 11 orang yang dirawat di Rumah Sakit Kayuagung karena terjangkit DBD. Tetapi dari sejumlah itu sebagian pasiennya telah diperbolehkan pulang ke rumah karena sudah sembuh.

"Pasien yang masih di rawat mungkin beberapa orang saja. Dari para pasien itu kebanyakan anak-anak dengan usia 1-9 tahun," ujarnya, Jumat (21/1).

Meski kasus sedang melonjak, namun upaya Dinas Kesehatan untuk turun mensosialisasikan kepada masyarakat untuk antisipasi DBD. Ia mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan juga antisipasi 3M (menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air yang ada disekitar rumah, dan mengubur barang bekas).

Terpenting adalah harus bersih-bersih di lingkungan rumah, apalagi saat ini musim penghujan. Jangan sampai ada air tergenang membuat nyamuk berkembangbiak.

"Nyamuk ini berkembang biak di air yang bersih bukan air kotor karenanya tempat penampungan air harus benar-benar diperhatikan," terang Iwan.

Ia menyebut, pihaknya juga aktif melakukan fogging atau penyemprotan asap. Ini yang dilakukan untuk membunuh nyamuk yang bersarang di sejumlah titik. Upaya lain yakni dengan menebarkan bubuk abate ke dalam bak mandi atau penampungan air.

"Bubuk abate dapat membunuh jentik nyamuk, sehingga nyamuk tidak dapat berkembang biak. Kita ada tim jumantik di semua puskesmas untuk pencegahan DBD dan selalu rutin membagikan abate ke masyarakat," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya