Kamis 09 Desember 2021, 18:04 WIB

Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo Sabet Dua Penghargaan ADW 2021

mediaindonesia.com | Nusantara
Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo Sabet Dua Penghargaan ADW 2021

Ist
Menparekraf Sandiaga Uno juga sempat mengunjungi Desa Wisata Waerebo di di Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

 

DESA Wisata boleh dikatakan adalah upaya untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Desa Wisata juga diyakinkan akan membangkitkan perkenomian bangsa. Kebangkitan ekonomi desa tentu bisa mebangkitkan ekonomi Nasional.

Lewat Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang dihelat langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak awal tahun ini akhirnya desa-desa wisata di Tanah Air bisa berjuang bangkit di tengah terpaan pandemi Covid-19.

"Anugerah Desa Wisata saya harapkan dapat menjadi daya ungkit dan bangkit untuk desa-desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi," kata Sandiaga yang akrab dipanggil Mas Menteri dalam sambutannya di Malam Anugerah Desa Wisata 2021 di Jakarta.

Sandi mengungkapkan bahwa dalam ADWI kali ini arahnya memang untuk membangkitkan ekonomi Bangsa di era pandemi.

Sandiaga menambahkan bahwa tujuan dari program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” agar dari sekitar 57.000 desa di seluruh Indonesia yang punya daya tarik wisata bisa tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”.

"Tentu kegiatan ini bisa membangun motivasi untuk pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata," jelasnya.

"Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini berikutnya," tukas Sandiaga.

Setidaknya ada lebih dari 1.831 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia dan sudah dicatat oleh Kemenparekraf.

“Kita akan terus kembangkan desa wisata, karena ada peningkatan ekonomi sebanyak 20%-30% dari desa wisata,” tambah Sandi.

Menariknya, dalam helat yang berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (7/12), dua desa wisata di Pulau Flores menyabet dua penghargaan.

Adalah Desa Wisata Detusoko Barat, Kabupaten Ende yang menjadi juara ke-4 untuk Kategori Desa Wisata Berkembang dan Desa Wisata Waerebo yang menjadi juara pertama untuk Kategori Desa Wisata Daya Tarik Wisata.

Dalam keterangan pers, Kamis (9/12), Shana Fatina, Direktur Utama BPOLBF ( Badan Pelaksana Otorita Labuan Baju Flores secara khusus mengucapkan,"Selamat untuk masyarakat Waerebo. Mari kita pertahankan keaslian dan kelestarian lingkungan karena itulah yang menjadi kekuatan Waerebo."

"Kami BPOLBF siap mendukung dan mendampingi, bersama Pemkab Manggarai, untuk meningkatkan kualitas produk pariwisata ke depan, menjadikan Waerebo destinasi desa wisata kelas dunia dengan pengalaman pariwisata berkualitas,” kata Shana.

Di lain kesempatan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Zet Sony Libing, mengungkapkan kalau pencapaian yang diraih dua desa wisata di Pulau Flores adalah bagian dari kerja keras masyarakat sekitar untuk mewujudkan citra Flores yang ramah bagi wisatawan dan punya daya tarik untuk pariwisata berkelanjutan.

"Ini sekaligus mempersiapkan dan menyambut Flores sebagai salah satu destinasi bagi delegasi KTT G-20 yang akan berlangsung tahun depan," katanya

“Sesuai arahan Mas Menteri dan diskusi dgn Bupati Manggarai dan masyarakat Waerebo, kita akan lakukan pendampingan peningkatan kualitas pengalaman berwisata di Waerebo termasuk tata kelola wisatawan, produk wisata, serta branding dan promosi sesuai segmen pasar yang dituju," tutur Shana.

"Penguatan kapasitas tata kelola ini diharapkan juga meningkatkan daya saing Waerebo sebagai destinasi yang menjalankan empat dimensi pariwisata berkelanjutan yaitu lingkungan, ekonomi, masyarakat, dan kebudayaan,” ujar Shana. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Dok. Satpol PP Sumut

Sempat Gagal karena Mendapatkan Perlawanan, Diskotek di Deliserdang Akhirnya Ditutup

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:13 WIB
Pemprov Sumut memastikan tempat hiburan malam yang berada di wilayah perbatasan Deliserdang dengan Kota Binjai itu tidak mengantongi izin...
MI/Jamaah

Dua Pekan Satlantas Polres Kudus Sita 150-an Knalpot Bising

👤Jamaah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:10 WIB
SATLANTAS Polres Kudus gencar melakukan penindakan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong yang menimbulkan suara...
MI/Lina Herlina

Pemprov Sulsel Bangga Angka Kemiskinan Turun 0,25%

👤Lina Herlina 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:01 WIB
Menurut Kepala BPS Sulsel Suntono, angka kemiskinan di Sulsel lebih baik dari angka kemiskinan secara nasional yang masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya