Selasa 30 November 2021, 22:19 WIB

Nelayan Di Bengkulu Tidak Melaut Akibat Cuaca Buruk

Marliansyah | Nusantara
Nelayan Di Bengkulu Tidak Melaut Akibat Cuaca Buruk

ANTARA
Ilustrasi

 

NELAYAN yang berada ditujuh kabupaten/kota di Bengkulu, berhenti melaut akibat cuaca ekstrem. Sebagian nelayan yang berada ditujuh kabupaten/kota berhenti mencari ikan selama tiga hari terakhir.

Buyung, 32, nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungat Serut, Kota Bengkulu, Bengkulu, mengatakan, sudah tiga hari terakhir nelayan tidak melaut akibat cuaca ekstrem akibat gelombang tinggi mencapai empat meter. Selama dua hari ini terpaksa berhenti melaut demi keselamatan jiwa karena cuaca ekstrem yang bisa merusak kapal dan kapal rawan tenggelam," katanya, Selasa (30/11).

Saat ini, lanjut dia, para nelayan melakukan aktivitas seperti memperbaiki jaring atau alat tangkap ikan selama tidak melaut. Nelayan yang tersebar ditujuh kabupaten/kota yakni, Kota Bengkulu, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, mengimbau warga disepuluh kabupaten/kota di Bengkulu, untuk waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar di Bengkulu, mengatakan, warga disepuluh kabupaten/kota untuk waspada hingga 2 Desember mendatang karena hujan dan angin kencang akan terus terjadi di Bengkulu.

"Potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang sesaat akibat hujan lebat dengan durasi lama hingga 2 Desember," imbuhnya.

Untuk puncak hujan, kata dia, di perkirakan sampai dengan akhir bulan ini dan saat ini di Bengkulu, sedang menghadapi puncak musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Selain itu, curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Bengkulu, disebabkan karena terjadinya proses pembentukan awan hujan diwilayah tersebut dengan adanya suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia Bagian Barat yang cukup signifikan.

Sepuluh daerah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang yaitu Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. (OL-15)

Baca Juga

MI/Heri S

Pasar Murah Bahan Pokok di Sidoarjo Diserbu Warga

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:25 WIB
RATUSAN warga Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo menyerbu pasar murah yang digelar di lapangan desa setempat, Selasa...
MI/Dok. Satpol PP Sumut

Sempat Gagal karena Mendapatkan Perlawanan, Diskotek di Deliserdang Akhirnya Ditutup

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:13 WIB
Pemprov Sumut memastikan tempat hiburan malam yang berada di wilayah perbatasan Deliserdang dengan Kota Binjai itu tidak mengantongi izin...
MI/Jamaah

Dua Pekan Satlantas Polres Kudus Sita 150-an Knalpot Bising

👤Jamaah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:10 WIB
SATLANTAS Polres Kudus gencar melakukan penindakan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong yang menimbulkan suara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya