Senin 01 November 2021, 20:36 WIB

Pemkab Cianjur Teken MoU dengan Perum Perhutani

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
 Pemkab Cianjur Teken MoU dengan Perum Perhutani

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bekerja sama dengan Perum Perhutani KPH Cianjur pemanfaatan lahan-lahan untuk mendongrak produksi pertanian. Kondisi tersebut tak terlepas konsumsi pangan masyarakat Kabupaten Cianjur masih mengandalkan pasokan dari luar daerah.

"Padahal, Cianjur itu subur. Nah, ke depan dengan adanya kerja sama ini maka lahan-lahan milik Perhutani bisa dimanfaatkan para petani untuk menyuplai berbagai komoditas kebutuhan pokok di pasar-pasar di Kabupaten Cianjur," terang Bupati Cianjur, Herman Suherman, seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Perum Perhutani KPH Cianjur di Gedung Garuda Pendopo Cianjur, Senin (1/11).

Dengan adanya pemanfaatan lahan Perhutani, kata Herman, Pemkab Cianjur ingin mengoptimalkan kembali sektor pertanian. Menurut Herman, terdapat lebih kurang 8 ribuan petani yang nanti akan mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang dikerjasamakan tersebut. "Ini juga akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan para petani," jelas Herman.

Selain sektor pertanian, kerja sama juga menyangkut pemanfaatan lahan untuk sektor pariwisata. Sebagaimana diketahui, sebut Herman, berbagai wisata alam di Kabupaten Cianjur mayoritas berada di lahan milik Perum Perhutani.

"Seperti curug (air terjun), yang ada di Cianjur itu rata-rata berada di lahan Perum Perhutani. Ke depan, kita tata, kita berdayakan, kita bangun wisata-wisata curug ini. Tren masyarakat saat ini pascapandemi covid-19, cenderung ke wisata alam karena relatif murah-meriah," tuturnya.

Pada sektor pemanfaatan sumber air, Pemkab Cianjur juga meneken kerja sama dengan Perum Perhutani. Herman sudah memprediksikan kebutuhan air bersih semakin hari semakin meningkat seiring laju pertumbuhan penduduk.

"Dengan bertambahnya penduduk, maka konsumsi air bersih pun meningkat. Ke depan, pemerintah daerah akan memanfaatkan sumber-sumber air pegunungan," beber Herman.

Sektor perikanan pun tak luput akan dikerjasamakan dengan Perum Perhutani. Terutama yang berada di wilayah selatan karena memiliki bentangan pantai hampir 77 kilometer.

"Di Cianjur selatan itu, budi daya komoditas udang vaname terbaik di Indonesia. Kita bisa manfaatkan lahan Perum Perhutani untuk mengembangkan komoditas udang vaname dan perikanan lainnya," sebutnya.

Secara teknis, lanjut Herman, nanti akan ditindaklanjuti kembali penandatangan nota kesepahaman Perum Perhutani dengan dinas-dinas teknis. "Ini baru kerja sama globalnya antara Pemkab Cianjur dengan Perhutani. Secara rincinya akan dilaksanakan dengan dinas-dinas teknis," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Satpam Bank BJB Tangkap Pembobol Mesin ATM di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 15:10 WIB
Setelah lima menit, pelaku langsung beraksi di ruangan itu dengan membuka paksa brankas uang bagian bawah dengan memakai tangannya...
Antara/Arnas Padda.

Sulawesi Selatan Temukan Kasus Pertama Omikron

👤Lina Herlina 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:50 WIB
NA saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Dg Ngalle...
DOK BIN

BIN Jabar Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

👤Naviandri 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:35 WIB
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung menyebutkan pihaknya mengalami kesulitan untuk pemberian vaksinasi kepada anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya