Senin 18 Oktober 2021, 18:19 WIB

Polresta Surakarta Ungkap Jaringan Pemalsu Dokumen Kependudukan

Widjajadi | Nusantara
Polresta Surakarta Ungkap Jaringan Pemalsu Dokumen Kependudukan

ANTARA
Ilustrasi

 

POLRESTA Surakarta, Jawa Tengah mengungkap kasus pemalsuan Kartu Tanda Penduduk. Dua perempuan yang diduga menjadi anggota sindikat ditangkap.

"Kasus ini terbongkar berkat pelaporan pemilik asli KTP, yang merupakan ayah dan anak. Sang aayah dipalsukan KTPnya, sedang anaknya dipalsukan NIK (nomor induk kependudukan)nya," kata Kasatreskrim Polresta Surakarta, Ajun Komisaris Djohan Andika, Senin (18/10).

Dijelaskan, kasus terbongkarnya kasus ini bermula saat seorang perempuan, F mengajukan utang di sebuah bank di Kota Solo. Pihak bank curiga dengan dokumen yang diajukan karena antara NIK dengan data dari Dispendukcapil berbeda.

Pihak bank kemudian mengkonformasi pemilik NIK. Ternyata, KTP pemilik NIK tersebut hilang beberapa bulan lalu dan mengunggah foto KTP di medsos tanpa mensensor NIK.

Satreskrim Polresta Surakarta yang menerima pelaporan langsung bergerak, dan berhasil menangkap F. Dan dari pengakuan F inilah kemudian terbongkar adanya biro jasa di Bandung yang dikelola perempuan berinisial W.

"Kita lakukan penjemputan W ke Bandung. Dari pemeriksaan, ternyata biro jasa ini memiliki banyak blangko dan KTP kosong yang akan menjadi bahan pembuatan dokumen palsu. Ditemukan juga 65 stempel Dispendukcapil palsu dari berbagai daerah," jelasnya.

Untuk pembuatan dua dokumen palsu itu, F membayar Rp 1 juta, yakni KTP Rp500 ribu dan KK jiga Rp500 ribu. "Kami akan terus kembangkan seberapa jauh W melakukan pemalsuan dokumen untuk siapa saja, dan dari daerah mana saja," pungkas Djohan. (OL-15)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Masyarat Tionghoa Peduli Gelar Donor Darah Bantu Penuntasan DBD di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:55 WIB
Masyarakat Tionghoa Peduli sudah menggelar donor darah sejak tahun...
  ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:50 WIB
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat memastikan  akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan provinsi...
FOTO ANTARA/FERI PURNAMA

Jabar Quick Response Sumbang Perahu untuk SDN Ciloma, Sukabumi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:45 WIB
Siswa SDN Ciloma harus pulang pergi menyeberangi sungai menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya