Jumat 24 September 2021, 17:53 WIB

Kinerja Pelindo 1 Meningkat, Waktu Tunggu Kapal Di Belawan Tak Sampai Setengah Jam

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kinerja Pelindo 1 Meningkat, Waktu Tunggu Kapal Di Belawan Tak Sampai Setengah Jam

DOK Humas Pelindo 1
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Belawan Sumatera Utara

 

KINERJA layanan kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)/ Pelindo 1, terus mengalami peningkatan. Hal itu salah satunya dibuktikan dengan makin singkatnya waktu tunggu kapal yang akan bersandar di dermaga.

Basuki Soleh, SVP Corporate Secretary Pelindo 1, mengungkapkan terdapat dua aspek layanan kepelabuhanan yang mengalami peningkatan kinerja paling menonjol sepanjang tahun ini di Pelabuhan Belawan, yaitu produktivitas bongkar muat dan service time (waktu pelayanan). "Waktu tunggu kapal di Pelabuhan Belawan mengalami perbaikan," ujarnya, Jumat (24/9).

Dia menjelaskan, peningkatan kinerja service time terutama tergambar dari semakin rendahnya waiting time (waktu tunggu kapal). Adapun waktu tunggu dihitung sejak pengajuan permohonan tambat setelah kapal tiba di lokasi labuh sampai digerakkan menuju tambatan.

Saat ini, kapal hanya membutuhkan waktu 27 menit untuk bisa bersandar di dermaga Pelabuhan Belawan. Durasi waktu itu mengalami perbaikan sebesar 15% dari sebelumnya yang memakan waktu hingga 32 menit per kapal.

Lama waktu tunggu kapal saat ini semakin lebih baik dari standar kinerja operasional kapal yang ditetapkan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan yang mencapai 1 jam per kapal. Selain service time, peningkatan kinerja Pelindo 1 juga terjadi pada produktivitas bongkar muat.

Peningkatan performa produktivitas bongkar muat dapat dicapai bukan hanya di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, Medan, tetapi juga di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT), Kabupaten Batu Bara.

Selama Agustus 2021, produktivitas bongkar muat curah kering melalui conveyor di TPK Belawan sebesar 409,96 T/C/H, atau meningkat 10% dari periode yang sama tahun lalu yang hanya 372,78 T/C/H. Begitu juga dengan produktivitas curah cair melalui pipa terpadu yang tercatat sebesar 179,21 T/P/H. Meningkat 6,6 % dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 168,11 T/P/H.

Secara keseluruhan, kinerja produktivitas TPK Belawan untuk terminal internasional mencapai 25 B/C/H (Box/Crane/Hour) dan 50 B/S/H (Box/Ship/Hour) serta terminal domestik 23 B/C/H dan 48 B/S/H. "Produktivitas di kedua terminal itu juga berada di atas standar kinerja pelayanan operasional yang ditetapkan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan," imbuh Basuki.

Ia memastikan Pelindo 1 akan terus berupaya meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan semakin mendorong standar kerja di seluruh cabang pelabuhan yang dikelolanya. "Sistem digital juga terus dikembangkan untuk mempercepat layanan dan operasional pelabuhan," pungkas Basuki. (OL-15)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Konsorsium III Malaria Sumba Sepakat Percepat Eliminasi Malaria

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:15 WIB
API Sumba Barat Daya tercatat 7,45 per 1.000 penduduk, Sumba Barat 12,5 per 1.000 penduduk, Sumba Timur 2,58 per 1.000 penduduk, dan Sumba...
MI/Apul Iskandar

Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Simalungun 67%

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:19 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat agar mau secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk divaksin di...
DOK PEMKOT PARE-PARE

Kota Cinta, Kota Industri tanpa Cerobong Asap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 07:52 WIB
Taufan menjelaskan, kota tanpa cerobong asap ini terdiri atas tiga pilar. Pertama bidang kesehatan, kedua bidang pendidikan, dan ketiga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya