Jumat 30 Juli 2021, 17:55 WIB

Kalsel Siapkan Water Boombing Atasi Karhutla

Denny S | Nusantara
Kalsel Siapkan Water Boombing Atasi Karhutla

AFP
Ilustrasi water bombing

 

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan semakin parah. Pemprov Kalsel siapkan helikopter water boombing guna mengatasi karhutla di wilayah tersebut.

Berdasarkan data BMKG Kalsel, Jumat (30/7) sedikitnya terpantau 57 titik api yang tersebar di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tapin, Banjar dan Tanah Laut. Sehingga total titik api yang muncul di Kalsel sepanjang kemarau tahun ini (April-Juli) mencapai 731 titik api.

Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat mengatakan pihaknya melalui Satgas darat di kabupaten/kota sejak beberapa waktu terakhir melakukan pemadaman karhutla. "Kemarin kebakaran lahan terjadi di wilayah Kecamatan Labuan Amas, Hulu Sungai Tengah seluas 6 hektar serta beberapa lokasi lainnya," tuturnya.

Selain itu tim Satgas udara juga melakukan patroli memantau kondisi karhutla menggunakan helikopter Delta jenis PK-RTJ Robinson66 milik BNPB. Lebih jauh dikatakan Mujiyat pihaknya akan melakukan pemadaman karhutla lewat udara menggunakan helikopter water boombing.

Helikopter water boombing jenis MI dari BNPB akan tiba di Kalsel untuk membantu mengatasi karhutla di wilayah tersebut. "Kita akan melakukan pemadaman lewat udara selain lewat darat. Kita masih menunggu datangnya heli water boombing," ujar Abri, Satgas Udara BPBD Kalsel.

Seperti tahun-tahun sebelumnya karhutla di Kalsel sebagian besar terjadi di areal non hutan terutama kawasan pertanian dan lahan gambut. Pembukaan lahan pertanian ditengarai menjadi penyebab karhutla. (OL-15) 

Baca Juga

ANTARA

Korem 161/Wirasakti Kupang Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia Dari Rumah ke Rumah

👤Palce Amalo 🕔Senin 20 September 2021, 21:38 WIB
KOREM 161 Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar vaksinasi covid-19 bagi lansia dari rumah ke rumah, Senin...
ANTARA Septianda Perdana

Pemprov Sumut Akan Ubah Peruntukan Lapangan Merdeka Medan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 20 September 2021, 21:33 WIB
PEMERINTAH daerah akan mengosongkan Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara dari aktivitas ekonomi yang bersifat komersil dan akan...
MI/Depi Gunawan

Bandung Barat Mulai Gelar PTM, Orang Tua Diminta Antar Jemput Siswa

👤Depi Gunawan 🕔Senin 20 September 2021, 21:15 WIB
KABUPATEN Bandung Barat, Jawa Barat, mulai Senin (19/9) menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tingkat SD dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya