Selasa 13 Juli 2021, 12:50 WIB

Pemkab Banyumas Optimis Capai Target Investasi Rp1 Triliun Tahun Ini

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Banyumas Optimis Capai Target Investasi Rp1 Triliun Tahun Ini

MI/Lilik Darmawan
Pemkab Banyumas oiptimis mencapai target invetasi didaerahnya pada 2021 sebesar Rp1 triliun.

 

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah terus mendorong peningkatan investasi di wilayah setempat meski saat sekarang masa pandemi. Hingga Juli, investasi yang masuk telah mencapai Rp400 miliar, sedangkan target tahun 2021 sebesar Rp1 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banyumas Amrin Ma'ruf mengatakan bahwa sejumlah investasi telah bergulir. Paling banyak memang real estate. Kemudian juga ada industri semen dan pakan ternak.

"Kalau industri semen yakni Semen Bima akan membangun fasilitas lagi dengan nilai Rp80 miliar. Sedangkan untuk Charoen Pokphand Indonesia juga bakal menanamkan investasinya dengan membangun pabrik di Desa Windunegara, Kecamatan Wangon," jelas Amrin, di Banyumas, Selasa (13/7).

Dikatakan oleh Amrin, pihaknya optimis investasi hingga Rp1 triliun dapat tercapai hingga akhir tahun. Misalnya saja, saat ini ada pembangunan RS JIH yang nilai totalnya mencapai Rp250 miliar. "Yang tercatat baru sekitar Rp50 miliar. Tahun ini, yang banyak adalah real estate," ujarnya.

Selain itu, DPMPTSP terus mendorong perkembangan pelaku usaha kecil dan mikro. Salah satunya adalah percepatan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Sebelumnya, pada 2020 lalu, NIB di Banyumas hanya sekitar 1.000 pelaku usaha. Tetapi saat sekarang mencapai 16 ribu pelaku usaha.

"Dengan adanya NIB, maka akan lebih membukakan pengembangkan pelaku usaha kecil dan mikro. Karena dengan adanya NIB, semakin mudah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR). Kami juga akan tahu data sebenarnya jumlah pelaku usaha di Banyumas. Dengan data itu, maka kami dapat memantau tingkat perekonomian di Banyumas," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Tim Velox BIN Dekontaminasi Stasiun Bogor dan Edukasi Vaksinasi Covid-19

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Geliat Desa Wisata, Bisa Raih Rp4 Miliar dari Parkir dan Retribusi

👤Iis Zatnika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:02 WIB
Yuk jalan-jalan ke desa wisata, kini jumlahnya 1.831, tersebar di seluruh...
ANTARA/Nova Wahyudi

Lagi, Dua Nisan Kuno Ditemukan di Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:49 WIB
MASYARAKAT Kota Palembang dihebohkan dengan adanya penemuan nisan kuno yang diduga merupakan peninggalan dari satu keluarga di abad...
Dok. UBS

Aksesoris Emas Axel Vitesse by UBS Gold Dipamerkan di Surabaya 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:48 WIB
Setiap sisi dan sudut dari aksesoris Axel Vinesse by UBS Gold dibuat melalui assembling dan finishing oleh artisan spesial yang memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya