Selasa 29 Juni 2021, 09:16 WIB

Terbang Rendah, Pesawat TNI AL Semprotkan Desinfektan di Zona Hitam Covid

Heri Susetyo | Nusantara
Terbang Rendah, Pesawat TNI AL Semprotkan Desinfektan di Zona Hitam Covid

MI/Heri Susetyo
Pesawat TNI AL terbang rendah menyemprotkan disinfektan ke zona hitam covid di Kabupaten Bangkalan dan Kota Surabaya, Senin (28/6)

 

PESAWAT milik TNI Angkatan Laut menyemprotkan ribuan cairan desinfektan di wilayah Kabupaten Bangkalan dan Kota Surabaya yang masuk zona hitam Covid-19

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya penanganan memutus penyebaran covid-19. Terutama di wilayah zona hitam seperti sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan yang mengalami lonjakan pasien covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Masing-masing wilayah Kecamatan Arosbaya, Klampis, Geger dan seputaran Jembatan Suramadu.

Sementara wilayah Kota Surabaya yang disemprot adalah sejumlah fasilitas perkantoran pemerintah provinsi dan areal penanganan pasien covid-19. Seperti kawasan Gedung Negara Grahadi, Jalan Pahlawan, Jalan Indrapura, Soetomo dan Asrama Haji.

"Saat penyemprotan di kawasan Bangkalan, pesawat bisa terbang rendah dengan ketinggian 500 kaki. Namun untuk Surabaya harus 1.000 kaki karena banyak bangunan tinggi," kata Komandan Pangkalan Udara TNI AL Juanda Kolonel Laut (P) M Tohir, Senin (28/6).

Menurut Tohir, penyemprotan cairan desinfektan probiotik itu sudah dilakukan selama tiga hari yaitu Sabtu, Minggu dan Senin. Jumlah cairan disinfektan yang disemprotkan rata-rata lima ribu liter per hari. Selain menggunakan pesawat terbang, pihak TNI AL juga mengerahkan helikopter untuk mempercepat penyemprotan.

Pesawat terbang yang digunakan untuk penyemprotan cairan disinfektan adalah pesawat Cassa NC 212-200 Aviocar U-6212. Pesawat diterbangkan pilot Kapten Candra Wira dan kopilot Letnan Dua Zaki.

Ada empat personel penyemprot dalam kegiatan ini. Cairan disinfektan terbungkus dalam jerigen ukuran 25 liter. Ratusan jerigen itu kemudian dituangkan ke dua tong dalam pesawat. Selanjutnya disemprotkan melalui selang. (OL-13)

Baca Juga: Klaster Pesta Picu Kasus Covid Naik Drastis di Sikka

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Bupati Bersama Dandim 0206/Dairi Salurkan BLT Bagi 1.000 PKL dan Warung

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:56 WIB
Untuk Kabupaten Dairi, Kodim  0206/Dairi terpilih untuk menyalurkan BTPKLW tersebut bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung agar...
MI/Apul Iskandar

Plt Wali Kota Pematangsiantar Minta ASN Berperan Aktif Sosialisasi 3 M Plus Cegah DBD

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:53 WIB
Kasus DBD di Kota Pematangsiantar mengalami peningkatan sejak Januari 2022 hingga April...
MI/Mitha Meinansi

Surabaya CLP Center dan Media Group Gelar Operasi Gratis Bibir Sumbing di Palu

👤Mitha Meinansi 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:40 WIB
KOLABORASI Surabaya Cleft Lip & Palate (CLP) Center, Yayasan Media Group, Pemda Provinsi Sulteng, dan Pemda Kabupaten Sigi, menggelar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya