Selasa 29 Juni 2021, 09:16 WIB

Terbang Rendah, Pesawat TNI AL Semprotkan Desinfektan di Zona Hitam Covid

Heri Susetyo | Nusantara
Terbang Rendah, Pesawat TNI AL Semprotkan Desinfektan di Zona Hitam Covid

MI/Heri Susetyo
Pesawat TNI AL terbang rendah menyemprotkan disinfektan ke zona hitam covid di Kabupaten Bangkalan dan Kota Surabaya, Senin (28/6)

 

PESAWAT milik TNI Angkatan Laut menyemprotkan ribuan cairan desinfektan di wilayah Kabupaten Bangkalan dan Kota Surabaya yang masuk zona hitam Covid-19

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya penanganan memutus penyebaran covid-19. Terutama di wilayah zona hitam seperti sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan yang mengalami lonjakan pasien covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Masing-masing wilayah Kecamatan Arosbaya, Klampis, Geger dan seputaran Jembatan Suramadu.

Sementara wilayah Kota Surabaya yang disemprot adalah sejumlah fasilitas perkantoran pemerintah provinsi dan areal penanganan pasien covid-19. Seperti kawasan Gedung Negara Grahadi, Jalan Pahlawan, Jalan Indrapura, Soetomo dan Asrama Haji.

"Saat penyemprotan di kawasan Bangkalan, pesawat bisa terbang rendah dengan ketinggian 500 kaki. Namun untuk Surabaya harus 1.000 kaki karena banyak bangunan tinggi," kata Komandan Pangkalan Udara TNI AL Juanda Kolonel Laut (P) M Tohir, Senin (28/6).

Menurut Tohir, penyemprotan cairan desinfektan probiotik itu sudah dilakukan selama tiga hari yaitu Sabtu, Minggu dan Senin. Jumlah cairan disinfektan yang disemprotkan rata-rata lima ribu liter per hari. Selain menggunakan pesawat terbang, pihak TNI AL juga mengerahkan helikopter untuk mempercepat penyemprotan.

Pesawat terbang yang digunakan untuk penyemprotan cairan disinfektan adalah pesawat Cassa NC 212-200 Aviocar U-6212. Pesawat diterbangkan pilot Kapten Candra Wira dan kopilot Letnan Dua Zaki.

Ada empat personel penyemprot dalam kegiatan ini. Cairan disinfektan terbungkus dalam jerigen ukuran 25 liter. Ratusan jerigen itu kemudian dituangkan ke dua tong dalam pesawat. Selanjutnya disemprotkan melalui selang. (OL-13)

Baca Juga: Klaster Pesta Picu Kasus Covid Naik Drastis di Sikka

Baca Juga

MI/Heru Susetyo

Pemkab Sidoarjo Siapkan Beasiswa Anak Yatim Akibat Covid-19

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:55 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur akan memberikan beasiswa pendidikan, kepada anak yatim yang orang tuanya meninggal akibat positif...
Ant/Idhad Zakaria

PMI Yogyakarta Tambah Lima Mesin Plasma Konvalesen

👤Ardi T Hardi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:45 WIB
PMI Kota Yogya, DIY akan menambah hingga lima mesin plasma konvalesen. Upaya ini agar PMI Yogyakarta bisa lebih banyak memproduksi plasma...
MI/Rendy Ferdiansyah

Animo Tinggi, Vaksinasi Di Gedung Sepintu Sedulang Bangka Membludak

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:10 WIB
ANIMO masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Bangka begitu tinggi. Hal ini menimbulkan kerumunan warga saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya