Senin 14 Juni 2021, 07:25 WIB

Lamongan Jadi Percontohan Sekolah Orang Tua Hebat

M Yakub | Nusantara
Lamongan Jadi Percontohan Sekolah Orang Tua Hebat

MI/M Yakub
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

 

KABUTAPEN Lamongan, Jawa Timur, terpilih menjadi pilot project (proyek percontohan) Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang digagas BKKBN bersama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sekolah ini nantinya diharapkan dapat mencetak para orang tua yang cerdas dan terampil dalam mengasuh anak dalam rangka melahirkan generasi penerus yang berkualitas.

"Kualitas pengasuhan sangat menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan oleh satu keluarga," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, saat membuka STOH di Pendopo Pemkab Lamongan, akhir pekan kemarin.

Menurut dia, masa awal kehidupan setiap individu yang sebagian besar waktunya dihabiskan bersama keluarga di lingkungan rumah. " Ya, ini merupakan masa yang paling fundamental sepanjang hidup. Atau sering disebut golden periode," tambah Arumi yang juga isteri Wakil Gubernur Jatim ini.

Bupati Yuhronur Efendi mengapresiasi upaya berbagai pihak yang turut terlibat aktif dalam terlaksananya program tersebut. Karena, menurutnya, anak yang hebat karena hasil asuhan orangtua yang hebat pula.

"Saya sangat mengapresiasi ide brilian ini. Harapannya dengan SOTH akan melahirkan anak yang hebat," jelasnya.

Saat ini, terang dia, belum semua orang tua memiliki pengetahuan pola pengasuhan anak yang baik. "Terutama orang tua muda, yang masih belum berpengalaman, yang mungkin belum sebijak orangtua kita dulu," tambahnya.

Bupati juga memaparkan SOTH juga selaras dengan program Kabupaten Lamongan yaitu Kabupaten Layak Anak dan Gerakan 1821. Sebagai pilot project SOTH di Kabupaten Lamongan, dipilih 5 Kecamatan.

Di antaranya, Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Kembangbahu Dan Sarirejo. "SOTH menjadi kepingan yang hilang dari gerakan 1821, saya minta SOTH ini tidak berhenti di 5 kecamatan ini saja. Tim penggerak PKK Lamongan bersama Dinas PPKB harus menjadi motor agar program SOTH ini diperluas ke seluruh kecamatan," pungkasnya. (OL-13)

 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Kasus Covid-29 di Sumsel Melandai, Warga Jangan Lalai

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 22 September 2021, 13:07 WIB
MESKI angka penambahan kasus Covid-19 melandai, namun Pemprov Sumsel dan kabupaten kota di Sumsel tetap menggencarkan 3T baik testing,...
Ant/Indrayadi TH

Sandiaga Janji Bantu Promosikan Produk Lokal Papua

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 September 2021, 13:02 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno saat kunjungan kerja terkait Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Papua sempat mencicipi es krim sagu...
MI/Alexander P. Taum

Pemberdayaan Ekonomi Bagi Kelompok Rentan Akibat Pandemi di Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 22 September 2021, 12:05 WIB
LESUNYA perekonomian dunia akibat pandemi covid-19, tidak melumpuhkan kreativitas kelompok rentan untuk berjuang mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya