Kamis 10 Juni 2021, 12:20 WIB

Askrindo dan Baznas Bersinergi Bangun Rumah Tahfiz

Mediaindonesia.com | Nusantara
Askrindo dan Baznas Bersinergi Bangun Rumah Tahfiz

Dok.Askrindo
Peletakan baru pertama pembangunan Rumah Tahfiz di wilayah Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat.

 

SEBAGAI negara yang mayoritas penduduknya Muslim, Indonesia sejatinya membutuhkan banyak Rumah Tahfiz. Untuk itulah PT Asuransi Kredit Indonesia yang merupakan anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Finansial Grup, kembali bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membangun Rumah Belajar Al-Quran atau Rumah Tahfidz Askrindo-Baznas di wilayah Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Kepatuhan, SDM & Manajemen Risiko PT Askrindo, Kun Wahyu Wardhana mengatakan bahwa program kerjasama ini bertujuan untuk membebaskan masyarakat dari buta huruf Al-Quran.

Baca juga: Baznas dan MUI Dukung Pembangunan Rumah Tahfiz di Desa ...

“Peletakan batu pertama ini merupakan keseriusan Askrindo dalam menjalankan program  Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL).  Fokus ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) poin nomor 4 (empat) yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Kami juga mengharapkan Rumah Tahfidz ini dapat melahirkan generasi muda yang islami dan berAkhlak," ujar Kun.

Selain untuk membebaskan masyarakat dari buta huruf Al-Quran, Rumah Tahfidz itu juga bertujuan sebagai tempat belajar, sarana pendidikan dan pengembangan keilmuan (pengetahuan), khususnya bagi masyarakat agar dapat melestarikan ajaran Al-Qur’an.

Ketua BAZNAS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, mengatakan melalui kerjasama donasi dengan Askrindo, pembangunan Rumah Tahfiz menjadi salah satu bentuk upaya membantu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan non Formal guna mencetak generasi Qur'ani.

"Karena melalui Al-Qur'an, kita berusaha menjadikan umat sebagai umat yang terbaik, dapat menjadi teladan bagi manusia hingga terwujudnya masyarakat yang madani," jelas Prof Noor. Kami berharap pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan berkah. Semoga Allah memudahkan proses pembangunan Rumah Tahfiz Askrindo-Baznas ini," jelas Noor Achmad.

Untuk diketahui, program ini berorientasi pada hafalan Qur’an 30 juz dan 200 hadist pilihan serta pembentukan life skill yang dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin/imam dalam membangun masyarakat di masa depan. Askrindo dan Baznas telah bekerjasama sejak tahun 2019, adapun kerjasama tersebut meliputi berbagai bidang yakni bidang ekonomi, sosial, keagamaan, hingga pendidikan. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok MI

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:40 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi...
PT KAI

PT KAI Bantah Buang Sampah ke Sungai Cisokan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:20 WIB
Saat itu karung yg semestinya dibawa tertinggal sehingga mereka berinisiatif untuk membuangnya di bantaran sungai jauh dari aliran...
Antara

Kawasan Kota Tua Padang Dipersolek

👤Yose Hendra 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:10 WIB
Tujuan penting dilakukannya pengecatan di kawasan Kota Tua agar terlihat indah dan menarik. Nantinya, setiap pengunjung akan merasakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya