Selasa 01 Juni 2021, 10:33 WIB

Harga Cabai Anjlok Petani Cabai Di Bangka Merugi

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Harga Cabai Anjlok Petani Cabai Di Bangka Merugi

MI/Adi Kristiadi
Petani cabai di Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung merugi harga cabai turun drastis.

 

PETANI cabai di Pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) menjerit. Sebab harga cabai yang sebelumnya sempat melonjak kini terjun bebas di kisaran Rp12 ribu hingga Rp15 ribu perkilogramnya.

Syafrudin salah satu petani cabai di desa Balunijuk Kabupaten Bangka mengatakan, biasanya untuk harga cabai rawit lokal ini paling murah di pasaran Rp50 ribu hingga Rp60 ribu perkilo.

"Cabai rawit kita ini terkenal pedasnya, makanya harga selalu lebih mahal dari cabai rawit dari luar, cabai kita perkilo paling murah Rp50 ribu dan paling tinggi Rp.120 ribu," kata pria yang akrab di sapa mang Din, Selasa (1/6).

Namun, dalam minggu-minggu ini, harga cabai rawit justru terjun bebas hanya Rp.15 ribu perkilo,"tak sebanding dengan perawatan cabai, kalau harga hanya segitu, karena berkebun cabai ini biayanya tergolong mahal,"ujarnya.

Ia menduga turunya harga cabai rawit ini, dikarena stok melimbah, karena sama-sama panen,"mungkin di jawa sana musim panen, makanya stok kita melimpah," ungkap dia.

Ia berharap, kondisi ini tidak lama dan harga cabai rawit bisa beranjak naik, setidaknya di kisaran Rp40 atau Rp50 ribu. Dengan harga segitu, kita sudah nendapatkan keuntungan," terangnya.

Sementara, Roy, pedagang kebutuhan pokok di pasar pembangunan Pangkalpinang tak menapik harga cabai turun drastis.

"Ya benar, habis lebaran, harga cabai rawit terjun bebas Rp15 ribu perkilo untuk cabai besar dan Rp13 ribu perkilo untuk cabai besar kriting," kata Roy.(OL-13)

Baca Juga: Harga Tahu di Temanggung Konsisten Naik Bikin Pening Pedagang

Baca Juga

ANTARA

Pemkot Bandung Akan Tutup Sejumlah Ruas Jalan Selama Libur Nataru

👤Naviandri 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:20 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan untuk memgatasi mobilitas masyarakat terutama...
DOK MI

Vaksinasi Covid-19 Dosisi Pertama Di Banyumas Capai 74%

👤Liliki Darmawan 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:50 WIB
PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat kabupaten setempat. Hingga Kamis (2/12), capaian...
MI/Kisar Rajagukguk

Kantongi 279 Suara, Hurrican Rajagukguk jadi Kades Sibandang 2021-2026

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:00 WIB
CALON Kepala Desa Sibandang nomor urut 01, Hurrican Jamaru Rajagukguk, mengantongi 279 suara, rivalnya Fakter T.Sinaga peroleh 214...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya