Senin 10 Mei 2021, 00:29 WIB

Intibios Lab Hadirkan Laboratorium Fokus Covid-19 di Bali

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Intibios Lab Hadirkan Laboratorium Fokus Covid-19 di Bali

Dok. Intibios Lab
Peresmian Intibios Lab

 

SEBAGAI destinasi pariwisata favorit, Bali terus berbenah untuk menyambut momentum kebangkitan pariwisata pasca-pandemi Covid-19. Dari sisi penanganan pandemi, Bali kini memiliki laboratorium yang fokus pada Covid-19 dan tersertifikais global. Laboratorium itu difasilitasi oleh Intibios Lab dan berada di kawasan Benoa.

Intibios Lab adalah jaringan nasional laboratorium yang telah beroperasi di sejumlah kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Lampung, Karawang, Bogor, Semarang, dan Sidoarjo. 

Sejak awal, laboratorium itu dirancang sebagai lab khusus yang fokus pada PCR swab test, antigen swab test, tes serologi, dan pengujian lain yang berhubungan dengan penanganan Covid-19. Tujuannya, agar dapat dikeluarkan hasil yang cepat dan akurat.

Dalam menghadirkan laboratorium fokus Covid-19 di Bali, Intibios Lab bekerja sama dengan Trinity Medika yang telah mendapatkan sertifikasi dari VFS Global, perusahaan layanan visa terbesar di dunia. Selain itu, layanan dari Intibios telah masuk dalam Accredify, apps “paspor kesehatan digital” (semacam eHAC) yang berpusat di Singapura. 

“Infrastruktur kesehatan berstandar internasional ini sangat penting bagi kebangkitan pariwisata Bali dan juga Indonesia. Kita harus mampu membangun kepercayaan masyarakat internasional bahwa Bali aman dan sehat selama kita semua memenuhi protokol kesehatan. Dengan kepercayaan itu, pariwisata Bali akan menggeliat dan ekonomi akan pulih,” kata Direktur Utama Intibios Lab Rio Abdurrachman dalam keterangannya.

Peresmian laboratorium sudah dilakukan di Benoa Square, sejak Rabu (5/5) dan Rio mengaku cukup puas setelah peresmian dilakukan. 

Baca juga : Vaksinasi Covid di Kota Denpasar mulai Menyasar Seniman

Intibios Lab adalah buah kolaborasi sejumlah pelaku usaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium setelah melihat Indonesia masih mengalami keterbatasan jumlah laboratorium untuk memenuhi rasio pengujian Covid-19 sesuai rekomendasi WHO. 

Kolaborasi itu digagas pengusaha dan eks Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, bersama pengusaha Sumadi Seng, Belly Budiman, Then Herry, dan Rio Abdurrachman, serta Nanny Djaya

Dalam peresmian laboratorium di Bali, dilaksanakan video conference dengan perwakilan VFS Global di Dubai dan Accredify di Singapura. Para juru bicara perusahaan tersebut mengungkapkan optimismenya terhadap operasi Intibios Lab di Bali yang telah memenuhi standar internasional. 

CEO Trinity Medika Andrew menyampaikan rasa bangga karena dapat berpartisipasi dalam menyiapkan kebangkitan pariwisata dan perekonomian Bali. 

“Dari awal kami selalu percaya bahwa Intibios Lab adalah kolaborasi antara bisnis dan kemanusiaan. Saya bangga bisa menjadi bagian dari kebangkitan Bali,” ujar Andrew.. 

Laboratorium itu telah memenuhi standar internasional, termasuk Biosafety Level (BSL) 2, dan bisa melakukan pengujian secara cepat dan akurat. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Bupati Klaten Buka TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 16 Juni 2021, 06:58 WIB
Kegiatan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX dilaksanakan selama 30 hari, mulai 15 Juni hingga 14 Juli...
MI/Gabriel Langga

Puluhan Anak Kedapatan Dipekerjakan di Klab Malam di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 16 Juni 2021, 06:31 WIB
ANGGOTA Polda NTT menjaring puluhan anak dipekerjakan di klab malam di Kabupaten Sikka, NTT. Pelaku usaha klab malam dikenakan tindak...
Dok MI

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:40 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya