Minggu 02 Mei 2021, 17:49 WIB

Pusat Perbelanjaan Berpotensi Jadi Klaster Covid-19

Benny Bastiandy | Nusantara
Pusat Perbelanjaan Berpotensi Jadi Klaster Covid-19

ANTARA Aprillio Akbar
Pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi warga jelang Idul Fitri berpotensi menjadi klaster Covid-19.

 

PUSAT perbelanjaan merupakan satu di antara empat titik yang diwaspadai rawan penyebaran covid-19 selama Ramadan hingga mendekati Idul Fitri 1442 H. Pasalnya, pusat-pusat perbelanjaan diprediksi bakal diserbu masyarakat yang hendak memenuhi kebutuhan pakaian baru saat Lebaran nanti.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal menuturkan mengantisipasi potensi tersebut, pemerintah kabupaten setempat menerbitkan surat edaran agar mewaspadai titik-titik berpotensi rawan penyebaran covid-19 itu. Tujuannya agar pemerintah bisa mengendalikan terjadinya kasus aktif baru.

"Surat edaran ini kan lebih ditekankan kepada imbauan agar masyarakat tidak terlena dengan melandainya laju pergerakan covid-19 di Kabupaten Cianjur," kata Yusman, Minggu (2/5).

Selain pusat perbelanjaan, titik yang diwaspadai selama libur, Ramadan, dan Idul Fitri 1442 H yakni tempat wisata, tempat ibadah, serta mobilitas atau pergerakan manusia. Masyarakat pun diingatkan tidak melakukan hal-hal tak perlu yang pada akhirnya berdampak luas. "Misalnya seperti ngabuburit ataupun buka puasa bersama," tegas Yusman.

Sejauh ini, kata Yusman, Pemkab Cianjur melalui Satgas Penanganan Covid-19 sudah menganjurkan masyarakat agar lebih baik berbuka puasa bersama keluarga di rumah masing-masing. Yusman menyakini dengan upaya-upaya itu maka penyebaran covid-19 bisa kembali ditekan selama Ramadan.

"Untuk di titik-titik tertentu yang menjadi pusat keramaian, kami sudah menginstruksikan tim satgas setempat mengawasi dibantu petugas Satpol PP," ungkapnya.

Tugas satgas mengingatkan para pengelola berbagai lokasi yang diwaspadai rawan penyebaran covid-19 agar membatasi kapasitas jumlah pengunjung. Selanjutnya tim juga mengedukasi protokol kesehatan. "Tak hanya kepada pengelola atau karyawannya, tapi juga sosialisasi dan edukasi diberikan kepada semua konsumen," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Polda DIY Waspadai Penyalahgunaan Mobil Ambulans Untuk Mudik

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:30 WIB
Petugas yang berada di pos penyekatan baik yang ada di jalur-jalur  utama masuk DIY maupun jalur alternatif, diminta mewaspadai...
Humas Polda Kalteng

Kalteng Dirikan 4 Posko Penyekat Antarprovinsi

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:23 WIB
Polda Kalteng telah mendirikan empat Posko  Penyekatan antar provinsi yang berada di Kabupaten Kapuas, Barito Timur, Lamandau dan...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Kembali Naik

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 06 Mei 2021, 09:21 WIB
Kasus covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/5), dilaporkan naik lagi. Kali ini, terdapat kasus aktif 78...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya