Selasa 20 April 2021, 09:35 WIB

Pagi Ini, Gunung Merapi Luncurkan Tiga Kali Awan Panas

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Pagi Ini, Gunung Merapi Luncurkan Tiga Kali Awan Panas

AFP/Agung Supriyanto
Gunung Merapi

 

GUNUNG Merapi luncurkan awan panas tiga kali pada Selasa (20/4) pagi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat, ketiga awan panas mengarah ke Barat Daya. Awan panas guguran pertama terjadi pada pukul 04.11 WIB. Awan panas tersebut tercatat di seismogram dengab amplitudo maksimum 30 mm dan durasi maksimum 113 detik. Jarak luncur ±1.300 ke arah Barat Daya.

Awan panas guguran kedua terjadi pada pukul 04.50 WIB. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi maksimum 114 detik. Jarak luncur ±1.300 m ke arah Barat Daya Awan panas guguran ketiga terjadi pada pukul 06.31 WIB. Awan panas tercatat  di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi maksimum 118 detik. Jarak luncur ±1.500 m ke arah Barat Daya.

Sebelumnya, Kepala BPPTKG, Hanik Humaida telah mengeluarkan rekomendasi, potensi bahaya guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan- Barat Daya. Potensi tersebut meliputi sungai Kali Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Pada sektor tenggara, potensi bahaya mengarah ke sungai Gendol sejauh 3 km. Selain itu, lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," terang Hanik.

baca juga: Kubah Lava Puncak Gunung Merapi Terus Tumbuh

Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

"Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," tutup dia. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Kemendikbud Ristek Tetapkan Batik Salem Brebes Warisan Budaya Tak Benda 2022

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:30 WIB
Batik Salem melengkapi dua prestasi Brebes sebelumnya yang sudah ditetapkan sebagai WBTB, yaitu telor asin dan Ritual...
DOK.MI

Tiga Mahasiswa Kediri Tewas Tenggelam di Pantai Lombok Utara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:20 WIB
Kelima korban merupakan bagian dari rombongan mahasiswa baru STAI Al-Amin Kediri yang sedang melakukan kegiatan di Pantai Klui Kabupaten...
MI/NAVIANDRI

Hendrik Lawrence Lukman Gelar Pameran Tunggal di Bandung

👤Naviandri 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:10 WIB
Karya-karya Hendrik Lawrence Lukman tidak hanya bermuara pada persoalan eksotika tubuh terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya