Jumat 02 April 2021, 17:12 WIB

BNNP Sumsel Tangkap Tiga Kurir Narkotika Lintas Provinsi

Dwi Apriani | Nusantara
BNNP Sumsel Tangkap Tiga Kurir Narkotika Lintas Provinsi

MI/Dwi Apriani
Tersangka kurir narkoba dan barang bukti 16 kilogram sabu yang disita BNNP Sumsel.

 

BADAN Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap tiga kurir sindikat narkotika lintas provinsi. Dari ketiga kurir tersebut, yakni Heru Suminto (32), Gantara Nugraha (28), dan Chairul Basri (46), BNNP Sumsel menyita 16 kilogram sabu.

"Ada tiga tersangka. Dari ketiganya, kami berhasil menyita 16 kilogram sabu berasal dari Pekanbaru yang akan diedarkan di wilayah Sumsel," kata Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Arif Mardani, Jumat (2/4).

Arif menjelaskan, penangkapan pertama dilakukan terhadap Basri di Rest Area Tol Kayu Agung-Pematang Panggang KM 277 Desa Sungai Rotan Mulya, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten OKI. Dari Basri, petugas menyita 7 kilogram sabu.

Kemudian BNNP meringkus Heru dan Gantara  di lokasi yang sama dengan barang bukti sabu sebanyak 9 kilogram. "Ketiga tersangka ni merupakan kurir sabu lintas provinsi, Pekanbaru-Sumsel-Lampung. Mereka sengaja membawa sabu dan dipasarkan di Sumsel. Untuk satu kilogram sabu yang dibawa, mereka mendapat upah sebesar Rp10 juta," kata dia.

Kabid Pemberantasan BNNP Sumsel, Kombes Habi Kusno menambahkan aparat juga menyita dua unit mobil serta enam unit handphone. "Kini kami masih kembangkan keterangan mereka. Dan kami masih koordinasi dengan instansi terkait, guna penyelidikan lebih lanjut," tukasnya.

Ia memastikan dua barang bukti tersebut milik bandar yang berbeda. Dari hasil pemeriksaan, para kurir diminta sabu dikirim ke perbatasan Sumsel dan Lampung.

Pengakuan Chairul, sabu yang dibawa rencananya akan diberikan kepada seseorang berinisial AN. Sedangkan tersangka Heru dan Gantara diminta menyerahkan kepada pelaku berinisial SL. Saat ini, status kedua penerima barang dan bandar masih DPO. (OL-15)

Baca Juga

dok:cilegon.go.id

Warga Cilegon yang Isoman dan Nakes Dapat Produk Herbal

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 28 Juli 2021, 03:35 WIB
MASYARAKAT di Kota Cilegon, Banten yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akan mendapatkan paket produk herbal dari Pemerintah Kota...
MI/Supardji Rasban

Pekerja Seni di Brebes Terdampak PPKM Dapat Bantuan Sembako

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 28 Juli 2021, 03:30 WIB
POLRES Brebes, Jawa Tengah, memberikan bantuan sembako kepada para pekerja seni yang terdampak PPKM...
dok: Pos Pengamatan Gunung Api

Erupsi Ile Lewotolok Disertai Lontaran Lava Pijar Bakar Hutan Sekitarnya

👤Alexander P. Taum 🕔Rabu 28 Juli 2021, 01:15 WIB
ERUPSI Gunung Ile Lewotolok yang disertai lontaran material pijar yang terjadi, Rabu (28/7), pukul 00.24 WITA, membakar vegetasi hutan di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya