Senin 08 Maret 2021, 07:07 WIB

Sudah 102 Huntara Dibangun Media Group di Sulbar

Mitha Meinansi | Nusantara
Sudah 102 Huntara Dibangun Media Group di Sulbar

MI/Mitha Meinansi
Mujar bersama keluarga di depan huntara miliknya di di Desa Botteng Utara, Mamuju, Sulawesi Barat yang dibangun oleh Media Group Peduli.

 

MEDIA Group Peduli di bawah naungan Yayasan Media Group saat ini sedang menyelesaikan pembangunan hunian sementara (huntara), serta merenovasi rumah-rumah warga yang rusak dampak gempa di Sulawesi Barat 14 Januari lalu. 

"Media Group berupaya membantu saudara kita yang terdampak  bencana, khususnya yang terjadi di Sulawesi Barat. Mereka kehilangan tempat tinggal mereka. Ada yang rusak, ada yang ambruk dan sama sekali tidak dapat ditinggali," ujar  Ketua Yayasan Media Group, Ali Sadikin, Senin (8/3).

Melalui Media Group Peduli, sebagian kecil korban terdampak gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat saat ini sudah memiliki hunian kembali meskipun sifatnya hanya sementara.

Pada masa transisi darurat ini tim Tanggap Bencana Media Group Peduli terus berada di lokasi pembangunan huntara untuk mendampingi warga mendirikan hunian mereka. Dari material bangunan yang didonasikan BenihBaik.com dan SidoMuncul, berupa board atau tripleks, spandek, nok dan paku.

Hingga saat ini, total hunian yang telah dikerjakan berjumlah 102 sejak dimulai pada Rabu 10 Februari 2021. Dari jumlah itu 70 % sudah ditempati pemiliknya. Mereka telah kembali dari lokasi pengungsian, dan menempati huniannya masing-masing, serta menjalani aktivitas normal. Sementara  sisanya masih dalam penyelesaian. Pembangunan huntara dan perbaikan rumah warga terdampak gempa, diakui para penerima sangat memberikan manfaat bagi mereka. Penerima bantuan pembangunan huntara mengaku sangat senang dan bersyukur mendapatkan perhatian tersebut.

"Alhamdulillah kami bersyukur sekali mendapat bantuan ini. Bulan depan sudah mau puasa, kalau tidak ada bantuan ini, kami pasti masih tinggal di tenda. Kami senang sekali sudah bisa kembali ke rumah," tutur  Suparman, salah satu penerima manfaat di Desa Kayuangin.

Pembangunan seluruh hunian tersebut dilakukan dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama, dimulai dari Dusun Sendana, Desa Botteng Utara, Kecamatan  Simboro, Kabupaten Mamuju. Disana terbangun beberapa huntara dan perbaikan puluhan rumah, direnovasi dari material yang disalurkan Media Group Peduli.

Sementara untuk tahap kedua, telah dikerjakan di Desa Mekatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Lokasinya tersebar di enam dusun, yakni Dusun Mekatta, Alle-Alle, Samalio, Samalio Utara, Bawappu, dan Dusun Salubungo.

 baca juga: Media Group Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Sedangkan untuk tahapa ketiga, dikerjakan di beberapa lokasi, yakni Dusun Pettabeang Barat, Desa Kayuangin, Kecamatan Malunda, dan Desa Awo, Kecamatan Tubo Sendana, di Kabupaten Majene. Selain itu, lokasinya berada di Desa Orabatu dan Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, serta di Jalan Andi Makkasau, Kabupaten Mamuju. Seluruh pembangunannya dilakukan dengan konsep gotong royong, meskipun ada beberapa diantaranya yang bersedia membangun secara swadaya. OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya