Sabtu 06 Maret 2021, 13:45 WIB

Kelurahan Liliba Pasang CCTV Cegah Warga Buang Sampah Medis

Palce Amalo | Nusantara
Kelurahan Liliba Pasang CCTV Cegah Warga Buang Sampah Medis

MI/Palce Amalo
Lurah Liliba Viktor Makoni (tiga dari kiri) menerima bantuan kamera pengawas atau CCTV dari warga untuk ditempatkan pada lokasi TPS

 

LILIBA menjadi kelurahan pertama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang memanfaatkan teknologi Closed Circuit Television (CCTV) untuk memantau aktivitas pembuangan sampah.

Sebanyak tiga kamera pengawas dipasang di dekat dua tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan kantor lurah untuk memastikan tidak ada sampah medis, bangkai ternak, dan dahan pohon dibuang di tempat pembuangan sampah tersebut.

Lurah Liliba Viktor Makoni mengatakan tiga kamera pengawas tersebut memudahkan kelurahan melakukan pengawasan terhadap kriteria sampah yang dibuang warga ke tempat sampah

Tiga kemera itu beroperasi selama 24 jam dan dimonitor dari telepon genggam.

"Jika ada warga yang membuang bangkai atau sampah yang tidak sesuai peruntukannya, kami akan cari orangnya dan dia harus bertanggung jawab," kata Viktor Makoni kepada wartawan, Sabtu (6/3).

Baca juga: Buang Sampah Sembarangan di Sukabumi Sanksi Administratif Menanti

Viktor mengatakan, Kelurahan Liliba baru saja selesai membangun TPS baru atas swadaya masyarakat berukuran 8x3 meter dan serta tinggi 1,5 meter yang sudah memisahkan antara sampah organik dan anorganik, sedangkan di samping tempat sampah dibangun taman bunga.

Saat ini, Kota Kupang sedang menghadapi persoalan sampah yang lumayan rumit akibat warga tidak taat membuang sampah secara benar. Banyak pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor membuang sampah sembarangan di sisi jalan raya, termasuk sampah dari rumah penduduk.

Warga juga membuang bangkai ternak secara sembarangan di sisi jalan sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Para pembuang sampah sembarangan, biasanya mengunakan kendaraan roda empat.

Sementara itu, Victor Arnoldus Janssen Dimu Heo, warga setempat yang menyerahkan bantuan tiga kamera pengawas tersebut berharap masyarakat semakin taat membuang sampah.(OL-5)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Politik Uang Marak Jelang PSU di Kalimantan Selatan

👤Denny Susanto 🕔Senin 12 April 2021, 07:52 WIB
Jelang pemungutan suara ulang di Kalsel, dugaan kecurangan dan maraknya politik uang dengan berbagai motif di daerah lokasi PSU...
MI/Gabriel Langga

Ratusan Hektare Padi Siap Panen di Adonara Rata dengan Tanah

👤Gabriel Langga 🕔Senin 12 April 2021, 07:50 WIB
"Padi siap mau panen itu hancur semua. Untuk padi saya perkiraan yang siap mau panen tersebar di lima dusun itu ada sekitar ratusan...
Dok MI

Polisi Indragiri Hulu Akan Tindak Tegas Perusuh Saat PSU

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:20 WIB
Kapolres Indragiri Hulu Provinsi Riau, AKBP Efrizal menegaskan akan menindak tegas siapapun yang membuat kerusuhan, onar selama pemungutan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya