Selasa 09 Februari 2021, 18:25 WIB

Bantuan Bagi Korban Banjir di Jombang Mengalir Terus

Faishol Taselan | Nusantara
Bantuan Bagi Korban Banjir di Jombang Mengalir Terus

MI/Ahmad Safuan
Warga terdampak banjir sedang didata dan diperiksa kesehatannya oleh petugas dan relawan.

 

SOLIDARITAS masyarakat terus mengalir memberikan bantuan untuk korban banjir di sejumlah desa Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Hal itu terlihat hilir mudikan pengirim bantuan di posko utama kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Mereka rata-rata datang menggunakan mobil dan menyerahkan bantuan di posko tersebut. Dari situ, bantuan kemudian didistribusikan untuk korban banjir yang tersebar di berbagai titik.

Bantuan yang mengalir itu berbagai jenis. Diantaranya, kebutuhan bayi dan lansia, air mineral, beras, baju layak pakai, obat-obatan, serta logistik lainnya. Bahkan ada juga yang mengirimkan tiga pikap makanan ternak, yakni tanaman jagung muda. Bantuan tersebut berjajar di pendapa Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

"Semua bantuan satu pintu melalui posko di Kabupaten kemudian didistribusikan petugas," kata petugas pencatat bantuan di Kecamatan Bandar Kedungmulyo Agus Pribadi, di Jombang, Selasa (9/2).

Baca juga: Korban Banjir Jombang Masih Bertahan di Pengungsian

Setelah dilakukan pendataan, beragam logistik itu dikirim ke sejumlah dusun yang dilanda banjir. Ada juga yang membantu peralatan kebersihan, seperti sapu dan alat pel. Karena di Desa Gondangmanis banjirnya sudah surut. Warga mulai bersih-bersih rumah.

Agus mengatakan, jumlah orang/lembaga pengirim bantuan bervariasi. Pihaknya mencatat, pada Sabtu (6/2) sebanyak 100 lebih pengirim bantuan, baik perorangan maupun lembaga.

Seperti diberitakan, banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo disebabkan beberapa titik tanggul jebol.Diantaranya, tanggul Sungai Avur di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo jebol di dua titik. Yakni di Dusun Plosorejo dengan lebar kurang lebih 20 meter. Tanggul tersebut jebol pada Kamis (4/2) sekitar jam tiga dini hari.

Kemudian di Dusun Kedunggabus. Tanggul yang jebol di dusun tersebut sepanjang 10 meter. Sementara di Desa Gondangmanis tanggul jebol seluas 20 meter. Tepatnya di Dusun Prayungan. Lagi-lagi, air tersebut masuk area persawahan.(OL-13)

Baca Juga: Banjir Jombang Akibat Bertahun-tahun Sungai Tak Dikeruk

 

Baca Juga

DOK MI

Ribuan Penderita HIV/AIDS Di Jabar Belum Terdata

👤Naviandri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:48 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat memperkirakan terdapat sekitar 9 ribu Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) yang belum terdata dan...
ANTARA

Cianjur Masuk Zona Siap Siaga Bencana Hidrometeorologi

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:30 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, berada pada zona siap siaga bencana hidrometeorologi. Kondisi itu dipicu masih tingginya intensitas curah...
DOK/PEMKOT BEKASI

Enam Daerah di Jawa Barat belum Mempublikasikan Laporan Keuangan Hasil Audit BPK

👤Naviandri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:05 WIB
Adapun enam kabupaten/kota yang belum mempublikasikan laporan keuangannya adalah Kabupaten Bandung Barat, Bekasi, Indramayu, Majalengka,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya