Jumat 05 Februari 2021, 11:12 WIB

Luas Hutan Berkurang 1 Juta Ha Setiap Tahun

Apul Iskandar | Nusantara
Luas Hutan Berkurang 1 Juta Ha Setiap Tahun

MI/Apul Iskandar
Pertemuan GMK dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya beberapa waktu lalu.

 

LUAS hutan di Indonesia telah mengalami penurunan sebesar 0,5-1 juta ha setiap tahun akibat alih fungsi hutan tanpa diikuti upaya pemeliharaan dan pelestarian berkelanjutan.

"Menurut data yang dihimpun dari BPS tentang statistik lingkungan hidup Indonesia, luas hutan di Indonesia mengalami penurunan. Pada tahun 2011 luas hutan Indonesia 98,7 juta ha dan tahun 2018 hanya tersisa 93,5 juta", kata Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Gultom  dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/2).

Jefri mengatakan jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus tentu akan membawa dampak buruk bagi kehidupan generasi masa mendatang.

"Kami mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga telah berhasil menekan angka deforestasi di Indonesia. Pada  2014-2015, laju deforestasi mencapai 1,09 juta ha sedangkan laju deforestasi pada rentang 2016-2017 hanya sekitar 480 ribu ha", kata Jeffry dalam rangka peringatan World Wetlands Day.

Meskipun demikian, Jefri juga menegaskan masih banyak tugas dari kementerian lingkungan hidup yang harus dikerjakan, terkait persoalan pencemaran dan pelanggaran terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Pada peringatan World Wetlands Day, GMKI juga memberikan kontribusi pemikiran dengan harapan lahan basah untuk masa depan bangsa. Pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang digelar beberapa waktu yang lalu juga bagian dari upaya kolaborasi di era networking society", kata Jefrie.

Sebelumnya Kamis (4/2) Pengurus Pusat GMKI telah melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya membahas tentang persoalan-persoalan lingkungan di Indonesia. Dalam kesempatan itu Jefrie menyampaikan rencana akan menggelar Dies Natalis GMKI yang ke 71 dengan mengambil  tema lingkungan hidup.

baca juga: Menjaga Hutan Adat dari Pembalakan

Menanggapi hal tersebut, Menteri Siti Nurbaya menyambut baik karena masalah lingkungan hidup tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi atau kerjasama dari berbagai pihak.

"Kita siap untuk kolaborasi dengan GMKI terkait isu lingkungan hidup, dan saya bersedia hadir pada pertemuan Dies Natalis GMKI yang ke 71 sebagai Keynote Speaker dengan tema: Indonesia  towards sustainable green environment  (Indonesia Menuju Lingkungan Hidup Berkelanjutan)", ujar Situ Nurbaya. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Usai Lari pagi, Wapres Datangi Nelayan Pulau Cangkir

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:45 WIB
Tak hanya menyapa, Ma’ruf dan Wury pun turut membeli ikan-ikan segar yang ditawarkan para...
Ilustrasi

78,68 Persen Warga Bangka Tengah Sudah Divaksinasi Dosis I

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:29 WIB
Ia mengatakan, dari 120.594 warga yang sudah divaksin, baru sebanyak 97.513 warga mendapatkan vaksin...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Jabar Rebut Simpati Lewat Aksi Sosial 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:15 WIB
Perwakilan DPW Sahabat Ganjar MIla Kurnia Jawa Barat mengatakan, semua aktivitas dilakukan dengan melakukan kegiatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya