Kamis 21 Januari 2021, 21:45 WIB

Pemkot Solo: Pengungsi Gempa dari Sulbar Jalani Tes Cepat Antigen

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkot Solo: Pengungsi Gempa dari Sulbar Jalani Tes Cepat Antigen

MI/Cikwan Suwandi
Ilustrasi tes cepat antigen

 

Pemerintah Kota Surakarta memastikan para pengungsi gempa dari Sulawesi Barat menjalani tes cepat antigen untuk mengetahui apakah ada yang terpapar Covid-19 atau tidak.

"Kami lakukan 'rapid' (tes cepat) di sana, tetapi antigen saja yang paling cepat," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, Kamis.

Ia mengatakan jika ada pengungsi yang positif terpapar Covid-19, maka akan langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Saat ini, Asrama Haji Donohudan sebagai tempat karantina untuk orang tanpa gejala (OTG). "Sedangkan yang negatif menempati Solo Technopark (STP)," katanya.

Sementara itu, mengenai kedatangan puluhan pengungsi dari Sulawesi Barat, yaitu Majene dan Mamuju, pihaknya menyambut dengan baik. "Saya juga tidak tahu kenapa dipilih Solo sebagai salah satu lokasi pengungsian, tetapi tidak salah kalau Solo dijadikan tempat untuk pengungsian, Solo siap menampung," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini belum banyak pengungsi yang datang ke Solo. Meski demikian, jika ada penambahan pihaknya siap memanfaatkan ruangan bagian utara yang ada di STP.

Selain itu, dikatakannya, ada beberapa lokasi lain yang bisa dimanfaatkan, salah satunya Ndalem Joyokusuman, yang beberapa waktu lalu sempat digunakan sebagai tempat karantina orang dalam pengawasan (ODP). "Pak sekda saya minta beli tempat tidur semua. Kalau sekalian mau pakai rumah sakit darurat di Vastenburg," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok Medcom.id

Kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman Turun

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:01 WIB
Penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19  di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 150 kasus. Dari lima wilayah di DIY, Kabupaten...
Antara

Gaji Ditunggak, Karyawan PDAM Lhokseumawe Mogok Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 03:05 WIB
Puluhan karyawan juga menuntut direktur PDAM le Beusaree Rata Lhokseumawe untuk mundur dari...
Antara

Astra Group Bantu Penanganan Karhutla di Aceh Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 01:00 WIB
Antara pemerintah, TNI/Polri, perusahaan, dan masyarakat harus bersama sama mengatasi karhutla di Kabupaten Aceh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya