Rabu 20 Januari 2021, 22:42 WIB

Pinjamkan Genset ke Perta Arun, PLN Pulihkan Kelistrikan Sumut

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pinjamkan Genset ke Perta Arun, PLN Pulihkan Kelistrikan Sumut

ANTARA
Ilustrasi pembangkit listrik.

 

PLN telah berhasil menormalisasi kelistrikan Sumatra Utara yang sempat terganggu selama sekitar 10 jam dengan membantu Perta Arun Gas dalam proses pemulihan pasokan gas bumi. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Irwansyah Putra memastikan pada hari ini (Rabu, 20 Januari) suplai listrik di wilayahnya sudah kembali berjalan normal.

"Gangguan sudah berhasil diperbaiki. Kami memastikan pasokan listrik untuk warga Sumut sudah kembali normal," katanya, Rabu (20/1).

Dia menjelaskan, sebelumnya, kelistrikan Sumut sempat mengalami gangguan akibat masalah yang dialami instalasi regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG). PAG adalah pihak yang menyuplai gas bumi untuk kebutuhan sejumlah pembangkit listrik PLN di Belawan, Kota Medan.

Dia memastikan, sejak awal tidak terjadi permasalahan apapun pada pembangkit PLN. Padamnya aliran listrik yang sempat terjadi di sejumlah daerah di Sumut, termasuk Kota Medan, disebabkan terhentinya suplai gas bumi dari PAG.

Dari catatan Media Indonesia, kelistrikan Sumut setidaknya membutuhkan 8 BBTUD gas bumi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan beberapa pembangkitnya. Antara lain PLTGU Belawan/Sicanang, PLTU Belawan/Sicanang, PLTG Paya Pasir, PLTG Gelugur dan Marine Vassel Plant (MVP) Onur Sultan yang juga jangkar di Belawan/Sicanang. Terhentinya pasokan gas PAG mengakibat sejumlah pembangkit tidak dapat beroperasi, khususnya PLTG Paya Pasir dan MVP Onur Sultan.

Dampaknya, sistem kelistrikan Sumatera bagian Utara kehilangan pasokan hingga 1.069 megawatt. Dan untuk meminimalisir dampak tersebut, PLN kemudian mengoperasikan seluruh pembangkit cadangan sehingga defisit pasokan listrik dapat diangkat menjadi hanya tinggal 343 megawatt.

Selain itu, PLN juga kembantu PAG dalam menanggulangi gangguan pembangkit milik PAG yang mengakibatkan terputusnya suplai gas ke pembangkit PLN. Dalam proses pemulihan, PAG mengalami kendala pada diesel start sehingga PLN membantu dengan mengirimkan diesel kontainer milik PLN dari PLTMG Arun 1.

Sekitar pukul 20.40 WIB, Selasa (19/1) diesel kontainer berhasil dioperasikan dan pada sekitar pukul 23.48 WIB seluruh aliran listrik kembali normal setelah sempat terganggu mulai sekitar pukul 14.00 WIB. ''Dengan normalnya aliran gas, bisa dipastikan pembangkit berbahan bakar gas milik kami sudah bisa beroperasi penuh," ungkap Irwansyah Putra.

Berdasarkan pemantauan dari PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU), pasokan gas dari PAG sejak 20 Januari pagi, sekitar pukul 04.50  WIB sudah berangsur normal. Setelah dilakukan paralel unit, pembangkit pada saat itu langsung  melakukan persiapan start kembali menunggu sampai tekanan gas cukup.

"Dengan kondisi saat ini, kami bisa pastikan aliran listrik warga sudah kembali seperti sedia kala," pungkasnya. (YP/OL-10)

Baca Juga

MI/M yakub

Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

👤M Yakub 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:55 WIB
LUAPAN Kali Ganggang dan Kali Pacal membuat genanganan air di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu...
MI/Surya Sriyanti

Polda Kalteng Siapkan 2.112 Personel Tanggulangi Karhutla

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:03 WIB
Kapolda juga berharap dengan terlaksananya rapat kordinasi seperti saat ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit dalam mencegah...
MI/Gabriel Langga

Tularkan SAR ke Pramuka, Basarnas Maumere Bentuk Gudep Komodo

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 03 Maret 2021, 21:59 WIB
Dia menuturkan tujuan dari terbentuknya Gudep Komodo Basarnas maumere ini sebenarnya kita ingin membiasakan budaya safety sejak dini kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya