Senin 18 Januari 2021, 21:06 WIB

Kapolres: Situasi di Banti Tembagapura Semakin Kondusif

Baharman Hasyim Pedoki | Nusantara
Kapolres: Situasi di Banti Tembagapura Semakin Kondusif

Antara
Ilustrasi

 

KEPALA Kepolisian Resor Mimika, Papua AKBP IGG Era Adhinata memastikan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Banti dan Opitawak, Distrik Tembagapura kini semakin kondusif setelah kelompok kriminal bersenjata (KKB) sempat bercokol di wilayah itu pada 2020.

‘’Sekarang ini situasi kondisi di Tembagapura dan sekitarnya cenderung lebih kondusif pascaterjadinya gangguan keamanan pada 2020. Kondusifnya situasi di sekitar Tembagapura tentu tidak lepas dari upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat TNI dan Polri,’’ ujarnya diTimika, Senin (18/1)

Kapolres mengakui warga Kampung Banti 1, Banti 2 dan Opitawak beramai-ramai memilih meninggalkan kampung halaman mereka untuk mengungsi ke Timika sejak awal Maret 2020 guna menghindari diri dari kontak senjata antara aparat dengan KKB.

‘’Masyarakat itu memilih turun ke Timika karena takut bisa menjadi korban salah sasaran. Namun setelah 10 bulan mereka berada di Timika dan situasi di Tembagapura sekarang sudah mulai kondusif masyarakat menginginkan untuk kembali ke kampungnya,’’jelasnya.

Baca juga : 509 Rumah Terendam Banjir di Pedalaman Aceh Timur

Kapolres Mimika meminta warga tiga kampung itu untuk bersabar dan mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan cepat antigen sebagaimana permintaan Pemkab Mimika dan manajemen PT Freeport Indonesia untuk memastikan kondisi kesehatan mereka baik dan tidak terpapar covid-19.

‘’Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk memastikan semua masyarakat yang akan kembali ke kampung halamannya dalam kondisi sehat dan tidak terpapar COVID-19. Kalau tidak ada pemeriksaan kesehatan, siapa yangmenjadi bahwa mereka tidak terpapar COVID-19,’’ ujarnya.

Saat mendatangi Posko Pengungsi Banti di Kelurahan Kwamki Baru Timika pada Senin siang, Polres Mimika menyerahkan bantuan beras dan bahan kebutuhan pokok lainnya untuk warga pengungsi. (Ant/OL-2)

 

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya