Rabu 13 Januari 2021, 22:27 WIB

Gubernur Sumsel : Vaksin ini Wajib untuk Masyarakat

Dwi Apriani | Nusantara
Gubernur Sumsel : Vaksin ini Wajib untuk Masyarakat

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru.

 

GUBERNUR Sumsel, Herman Deru menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi siapapun untuk menolak divaksin Covid-19, khususnya para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan. Penyuntikan vaksin itu perlu dilakukan sebagai langkah pemutusan mata rantai penyebaran virus korona di Sumsel.

''Jadi tidak ada alasan untuk tidak mau divaksin. Yang harus diingat adalah vaksinasi ini wajib untuk masyarakat,'' kata dia, Rabu (13/1).

Menurutnya, secara masif vaksinasi diawali dengan pemberian vaksin kepada Presiden RI. Dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada para kepala daerah mulai dari para Gubernur serta Bupati/Walikota termasuk para tenaga kesehatan.

Kewajiban vaksinasi tersebut berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun
1984 tentang wabah penyakit menular. Undang Undang tersebut bertujuan untuk mewujudkan tingkat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi rakyat Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari tujuan pembangunan nasional.

Perubahan lingkungan hidup dapat mempengaruhi perubahan pola penyakit
termasuk pola penyakit yang dapat menimbulkan wabah. ''Maka itu wabah ini bisa membahayakan kesehatan masyarakat serta dapat menghambat pelaksanaan pembangunan nasional jika tidak segera ditanggulangi,'' ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini Pemprov Sumsel siap untuk melakukan vaksin kepada masyarakat. Sudah ada 30 ribu dosis vaksin yang didistribusikan ke empat kabupaten dan kota. Apalagi vaksinasi sudah mendapat izin darurat atau EUA dari BBPOM secara nasional.

''Saya mengingatkan untuk dilakukan pengawalan dan pengawasan vaksinasi ini agar wabah korona bisa segera menghilang,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Merasa Dilecehkan, Pasutri di Sidoarjo Lapor Ke Kompolnas

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:27 WIB
Pasutri Guntual Laremba dan Tuty Rahayu tersangka kasus pelanggaran UU ITE melaporkan kasus yang menimpa mereka ke Kompolnas karena...
MI/Dwi Apriani

Tol Kayu Agung-Palembang Pangkas 75% Jarak Tempuh

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:19 WIB
Kkeberadaan jalan tol ini dapat menghemat waktu tempuh dari Bakauheuni ke Palembang. Di mana yang biasanya membutuhkan sekitar 12 jam...
ANTARA/Nova Wahyudi

Jokowi: Tol Kayu Agung-Palembang akan Kuatkan Perekonomian Sumatra

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:18 WIB
"Dulu, dari Bakauheni ke Palembang itu jaraknya 337 km. Biasanya ditempuh 12 jam perjalanan. Sekarang hanya perlu waktu 3...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya