Kamis 24 Desember 2020, 13:04 WIB

Membangkitkan Industri Furnitur Lokal Lewat Jiffina 2021

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Membangkitkan Industri Furnitur Lokal Lewat Jiffina 2021

MI/Ardi Teristi Hardi
Peluncuran Jogja International Furniture & Craft Fair  Indonesia (JIFFINA) 2021 lewat daring, Rabu (23/12/2020) malam.

 

DIREKTUR Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menyampaikan dalam pengembangan industri nasional, furnitur dan kerajinan merupakan salah satu industri prioritas. Industri ini mampu menghasilkan produk bernilai tambah tinggi, penghasil devisa negara, banyak menyerap tenaga kerja, dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi.

Nilai ekspor furnitur pada 2018 mencapai 1,69 miliar USD, eksport produk kayu dan anyaman pada 2019 mencapai 3US$,9 miliar. 

"Tahun 2020 memang mengalami pelambatan karena pandemi. Tetapi, dengan promosi dan pembukaan pasar, pemulihan sektor furnitur dan craft diharapkan segera teratasi," kata Gati saat peluncuran Jogja International Furniture & Craft Fair  Indonesia (JIFFINA) 2021 lewat daring, Rabu (23/12) malam.

Untuk mengembangkan UKM furnitur di tanah air, dukungan dari semua pihak dibutuhkan. Gelaran Jiffina dinilai menjadi cara untuk UKM Furnitur bangkit dan meningkatkan citra mereka di tingkat nasional dan internasional. Tema  Jiffina 2021, yaitu Nature is Back for Eco Lifestyle, dinilai selaras dengan minat pasar internasional, yaitu eco lifestyle.

Ketua Forum Jiffina Jawa-Bali, Timbul Raharjo menyatakan masyarakat luar negeri, terutama Eropa dan Amerika, semakin menyukai produk mebel dan kerajinan asosoris rumah buatan Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya pesanan yang diteruma para pengusaha.

"Gelaran Jiffina 2020 efektif meningkatkan eksport. Mulai Juli-Desember, kami kebanjiran order dari Eropa dan Amerika," kata dia saat meresmikan Jiffina 2021 di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. 

Gelaran Jiffina ke-6 tersebut rencananya akan digelar secara daring dan luring pada 13-16 Maret 2021 di Jogja Expo Center. Menurut dia, ada dua hal yang menyebabkan tingginya permintaan mebel dan asesoris rumah pada 2020. Kebutuhan mebel meningkat dan kerajinan meningkat seiring orang-orang lebih banyak berada di rumah pada masa pandemi.

"Melihat rumahnya, mereka kemudian merasa ingin belanja mebel dan asosoris rumah," kata dia. 

Selain itu, tingginya permintaan dari luar negeri dipicu perang dagang Amerika-Tiongkok sehingga sedikit banyak memberi peluang kepada mebel dan kerajinan Indonesia. Total akan ada sekitar 350 perusahaan yang akan ikut serta dalam Jiffina 2021. 

"Semoga tahun depan ditemukan solusi yang baik sehingga kembali ke normal," terang dia.

baca juga: Pemerintah Targetkan Percepatan Restorasi Gambut dan Mangrove

Ketua Umum Kadin DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi mendorong para pengusaha mebel dan kerajinan agar memaksimalkan pemanfaatan bahan baku lokal, pengembangan disain, hingga promosi. 

"Produk furnitur dan kerajinan diharapkan menerapkan beberapa kriteria, di antaranya ramah lingkungan, menggunakan kayu bersertifikat, mudah dibongkar, bisa didaur ulang, tahan  lama, mudah diperbaiki, dan berkualitas," pesan dia.

Kriteteria sebanyak mungkin diterapkan agar tidak kalah dengan produk dari negara ASEAN, seperti Malaysia dan Vietnam. Para pengusaha juga dituntut terus mengikuti perkembangan selalu dinamis dan siap berkompetisi. GKR Mangkubumi juga meminta para pengusaha mebel dan kerajinan tidak hanya fokus menggarap pasar eksport, tetapi juga pasar dalam negeri karena masih  memiliki potensi yang besar. (OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA/HO-BASARNAS

Tim SAR Temukan Jasad Korban Ketujuh Longsor Tambang Emas di Kotabaru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 17:25 WIB
Korban atas nama Bulkani ditemukan hari ini pukul 15.10 Wita, kata Basarnas...
MI/DEPI

Seorang Bocah SD Tewas dalam Kebakaran di Padalarang

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 29 September 2022, 16:48 WIB
Korban meninggal merupakan seorang bocah perempuan yang masih duduk di bangku kelas 3 SD. Dia mengalami luka parah akibat luka bakar di...
dok.humas pemprov jateng

Ganjar Libatkan Penyandang Disabilitas Gambar Jersey Resmi Tour De Borobudur 2022

👤Haryanto 🕔Kamis 29 September 2022, 16:47 WIB
GANJAR bersama Bank Jateng selaku penyelenggara Tour De Borobudur turut menggandeng anak-anak penyandang disabilitas untuk menggambar dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya