Minggu 20 Desember 2020, 12:30 WIB

Kementerian Pertanian Kawal Program Perkebunan Rumah

Widjajadi | Nusantara
Kementerian Pertanian Kawal Program Perkebunan Rumah

MI/WIDJAJADI
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meluncurkan program uji coba perkebunan rumah di Boyolali

 


MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus mengajak warga menanam, demi meningkatkan ketahanan pangan. Untuk itu, ia mendorong masyarakat, khususnya di pedesaan, mengembangkan pertanian terintegrasi bersama perkebunan, perikanan dan peternakan.

"Banyak potensi pertanian terintegrasi yang bisa dikembangkan di pedesaan. Pemerintah di semua tingkatan akan terus memberi dukungan, baik di pusat, gubernur maupun bupati," tuturnya saat mengggulirkan bantuan benih padi, kelapa, jeruk, kelengkeng, dan bibit lele, di Desa Kranggan, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dan Desa Giriroto, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu mendorong pemerintah daerah untuk membimbing masyarakat pedesaan mengembangkan tanah dan pekarangannya menjadi perkebunan rumah. Agar program perkebunan rumah atau perkebunan rakyat itu berjalan baik, pihaknya dalam seminggu kedepan akan menyempurnakan konsep, sehinggan dalam pelaksanaanya bisa berjalan baik.

"Kami ingin ada penambahan aneka komoditas lain, agar lebih menopang kehidupan rakyat. Harapan pemerintah, bahwa program perkebunan rumah tidak hanya dilaksanakan di Karanganyar dan Boyolali saja, tapi bisa berlangsung di seluruh Indonesia," jelasnya.


Jika perkebunan rumah, seperti kelapa, dan jeruk, bisa terintegrasi dengan pertanian dan perikanan, hasilnya akan mampu memberikan perbaikan keragaman pendapatan petani. "Nanti kelanjutannya bisa muncul industri rumahan," imbuh dia.

Pemerintah, lanjutnya, akan menguji coba program food estate perkebunan rumah ini dalam jangka setahun ke depan. Setelah itu, hasilnya akan menjadi pijakan untuk dikembangkan ke daerah lain di Indonesia.

"Program food  estate menjadi program strategis dan mampu mendorong ekonomi rakyat pedesaan tumbuh di tengah pandemi covid-19," tandasnya optimistis. (N-3)

Baca Juga

MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...
MI/Benny Bastiandi

Serangan Hama Tungro di Kalsel Terus Meluas

👤Denny Susanto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:40 WIB
SERANGAN hama tungro yang melanda areal tanaman padi di Provinsi Kalimantan Selatan sejak beberapa pekan terakhir kian meluas dan...
MI/Dwi Apriani

Dukungan Ganjar Jadi Presiden Meluas hingga ke Desa di Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:25 WIB
GANJAR Pranowo terus mendapat dukungan dari masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) agar menjadi Presiden 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya