Rabu 16 Desember 2020, 19:00 WIB

Resmi Dibuka, Jembrana Kini Miliki Ekowisata Hutan Mangrove

Mediaindonesia.com | Nusantara
Resmi Dibuka, Jembrana Kini Miliki Ekowisata Hutan Mangrove

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi: mangrove.

 

Ekowisata hutan mangrove yang berlokasi di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali, resmi dibuka menjadi objek wisata baru di kabupaten tersebut.

"Ekowisata hutan mangrove ini merupakan kerja sama Pemkab Jembrana dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pengunjung bisa menikmati hutan mangrove berikut biotanya melalui jalan kayu sepanjang 165 meter," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat meresmikan beroperasiknya objek wisata tersebut, Rabu (16/12).

Sebagai pengelola, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Kepala BPSPL Denpasar Yudarso, menyerahkannya kepada Badan Usaha Milik Desa Perancak.

Dalam sambutannya, Artha mengatakan, penyelesaian ekowisata di tengah pandemi tersebut merupakan capaian yang positif.

Menurutnya, campur tangan pemerintah pusat lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa mengubah hutan mangrove di desa tersebut menjadi ekowisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan dikelola Badan Usaha Milik Desa, ia berharap, objek ekowisata tersebut bisa menambah pendapatan asli desa setempat.

Kepada Badan Usaha Milik Desa Perancak yang mendapatkan kepercayaan pengelolaan, ia mengingatkan, agar menerapkan manajemen yang baik serta mengembangan objek tersebut.

"Pemerintah pusat sudah membantu dengan anggaran yang cukup besar untuk ekowisata di Desa Perancak ini. Badan Usaha Milik Desa selaku pengelola harus memiliki manajemen yang baik, serta pihak desa membuat Peraturan Desa untuk mengembangkan objek ini," katanya.

Objek ekowisata mangrove tersebut, katanya, bisa dikembangkan untuk tujuan pendidikan dan penelitian sehingga segmen pengunjung lebih luas. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...
dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
dok.Humas Pemprov Jateng

Tips Ganjar Pranowo Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut perilaku korup bisa dilakukan siapa saja. Ganjar menilai, korupsi bisa dicegah dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya