Rabu 16 Desember 2020, 19:00 WIB

Resmi Dibuka, Jembrana Kini Miliki Ekowisata Hutan Mangrove

Mediaindonesia.com | Nusantara
Resmi Dibuka, Jembrana Kini Miliki Ekowisata Hutan Mangrove

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi: mangrove.

 

Ekowisata hutan mangrove yang berlokasi di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali, resmi dibuka menjadi objek wisata baru di kabupaten tersebut.

"Ekowisata hutan mangrove ini merupakan kerja sama Pemkab Jembrana dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pengunjung bisa menikmati hutan mangrove berikut biotanya melalui jalan kayu sepanjang 165 meter," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat meresmikan beroperasiknya objek wisata tersebut, Rabu (16/12).

Sebagai pengelola, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Kepala BPSPL Denpasar Yudarso, menyerahkannya kepada Badan Usaha Milik Desa Perancak.

Dalam sambutannya, Artha mengatakan, penyelesaian ekowisata di tengah pandemi tersebut merupakan capaian yang positif.

Menurutnya, campur tangan pemerintah pusat lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa mengubah hutan mangrove di desa tersebut menjadi ekowisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan dikelola Badan Usaha Milik Desa, ia berharap, objek ekowisata tersebut bisa menambah pendapatan asli desa setempat.

Kepada Badan Usaha Milik Desa Perancak yang mendapatkan kepercayaan pengelolaan, ia mengingatkan, agar menerapkan manajemen yang baik serta mengembangan objek tersebut.

"Pemerintah pusat sudah membantu dengan anggaran yang cukup besar untuk ekowisata di Desa Perancak ini. Badan Usaha Milik Desa selaku pengelola harus memiliki manajemen yang baik, serta pihak desa membuat Peraturan Desa untuk mengembangkan objek ini," katanya.

Objek ekowisata mangrove tersebut, katanya, bisa dikembangkan untuk tujuan pendidikan dan penelitian sehingga segmen pengunjung lebih luas. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

SPKS Bagikan Sembako ke Petani Kelapa Sawit Berlahan Kecil di 13 Kabupaten 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:28 WIB
Serikat Petani Kelapa Sawit Indonesia (SPKS) menyalurkan paket bantuan darurat kepada sekitar 1.600 petani sawit kecil di 14...
Kodam Cenderawasih

Jelang PON Papua, Kodam Cenderawasi Kebut Vaksinasi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 September 2021, 17:57 WIB
Hingga saat ini vaksinasi di Kabupaten Merauke sudah mencapai 66%, Kota Jayapura 63% dan di Kabupaten Keerom di atas...
Ist

Vaksinasi untuk Negeri Bagi Pelajar dan Santri Kembali Digelar di Makassar

👤mediaindoensia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 17:30 WIB
Vaksinasi Covid-19 yang menyasar kalangan pelajar, santri,dan organisasi kepemudaan ini, digelar di Pondok Pesantren Ulul Albab, Makassaer,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya