Kamis 03 Desember 2020, 17:53 WIB

Muryanto Amin, dari Asisten Dosen Jadi Rektor USU

Puji Santoso | Nusantara
Muryanto Amin, dari Asisten Dosen Jadi Rektor USU

MI/Yoseph Pencawan
.

 

DEKAN FISIP USU Dr Muryanto Amin meraih suara terbanyak dalam pemilihan Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026. Pemilihan dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) USU dan berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan (Gedung Pendidikan Tinggi) di Jakarta, Kamis (3/12). Dengan hasil itu, Muryanto dipastikan akan memimpin USU pada periode lima tahun mendatang menggantikan Prof Runtung Sitepu.

Anggota MWA USU, Usman Kansong, ketika dihubungi Media Indonesia membenarkan Muryanto Amin meraih suara terbanyak mengungguli dua kandidat rektor USU lain. "Berdasarkan hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan MWA USU, Muryanto memperoleh 18 suara (57,75%) dengan mengungguli pesaingnya yakni Farhat dengan memperoleh 11 suara (35,75%) dan Muhammad Arif 2 suara (6,5%)," ujar Usman Kansong.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktorat Jenderal Dikti Prof Muhammad Nizam yang bertindak mewakili menteri. Selain itu, hadir Sekretaris Daerah Sumatra Utara Sabrina yang mewakili Gubernur Sumatra Utara (selaku anggota MWA ex officio) serta seluruh anggota MWA lain.

Ketua MWA USU Dr Kartini Sjahrir Panjaitan usai pemilihan mengucapkan selamat atas terpilihnya rektor baru USU Muryanto Amin yang akan menggantikan Runtung Sitepu periode depan. Kartini mengharapkan USU di bawah kepimpinan Muryanto menjadi universitas terkemuka di dunia dan dapat sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka lain di Indonesia, seperti UI, UGM, ITB, dan lainnya. "Semoga USU akan lebih baik di bawah kepemimpinan Muryanto Amin," ujarnya.

Dr Muryanto Amin dalam pernyataan singkatnya berterima kasih kepada MWA yang telah melakukan pemilihan rektor dengan baik dan lancar. Muryanto mengajak seluruh sivitas akademika (pimpinan, dosen, tendik, dan mahasiswa) USU untuk tetap bekerja sama bahu membahu membangun USU ke depan. "Ke depan tugas kita semakin berat karena harus tetap mempertahankan yang sudah diraih pimpinan sebelumnya bahkan harus lebih meningkat lagi," ujarnya.

Muryanto Amin merupakan alumni jurusan Administrasi Negara, Fisip USU angkatan 1992. Laki-laki kelahiran di Medan 30 September 1974 itu berhasil mejadi rektor USU setelah melewati tahapan tahapan penyaringan yang dilakukan oleh Senat Akademik USU. Jenjang Magister dan Doktor Ilmu Politik diraihnya dari Universitas Indonesia.

Dia dosen di Program Studi Ilmu Politik. Sejak 2002 hingga 2006, Muryanto Amin pernah menjadi asisten dosen di FISIP USU, lalu menjadi dosen sebelum akhirnya menjadi Dekan FISIP USU dan terakhir terpilih menjadi Rektor USU.

Banyak pengamat tidak menduga terhadap melejitnya prestasi Muryanto selama menjadi dosen di USU. “Dia benar-benar dari bawah sebelum akhirnya menjadi Rektor USU," ujar Irene Sembiring, alumni Magister Studi Pembangunan USU, kepada Media Indonesia.

Pemilihan Rektor USU sudah dimulai dimulai sejak Oktober lalu diawali dengan pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendaftaran calon rektor yang dimulai pada 6 November 2020 terdapat 7 orang terdiri dari 6 dari USU dan 1 dari luar USU.

Selanjutnya ditetapkan enam calon yang memenuhi syarat untuk maju pada tahap audisi. Pada tahap ini dua calon mundur tersisa empat yang dibawa ke Senat Akademik.

Kemudian Senat akademik melakukan penjaringan untuk memilih tiga calon rektor USU yang akan dipilih oleh MWA. MWA USU terdiri dari 8 wakil Senat Akademik, 10 wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio yaitu Rektor USU, Gubernur Sumut, dan Mendikbud.

Menurut rencana, pelantikan Muryanto Amin sebagai Rektor USU akan dilakukan pada Januari 2021. "Pokoknya bulan Januaari 2021," ujar Humas USU Elvi Sumanti. (OL-14)

Baca Juga

Antara

14 Nakes Positif, RSU Elisabeth Purwokerto Tutup Sepekan

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 18 Juni 2021, 09:55 WIB
RUMAH Sakit Umum (RSU) Santa Elisabeth Purwokerto, Jawa Tengah menutup sementara layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga...
Antara

Ada 56 Pengungsi Terdampak Longsor di Cianjur Terpapar Covid-19

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 18 Juni 2021, 09:40 WIB
SEBANYAK 56 orang pengungsi korban terdampak tanah longsor di Kampung Cingkeuk, Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa...
MI/Gabriel Langga

Sekda Sebut Kualitas ASN di Sikka Minimalis dengan Disiplin Rendah

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 18 Juni 2021, 09:20 WIB
KUALITAS aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur minimalis dengan disiplin yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya