Selasa 24 November 2020, 13:05 WIB

Ditemukan Jejak Macan di Merapi

Agus Utantoro | Nusantara
Ditemukan Jejak Macan di Merapi

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Gunung Merapi dari wilayah Kaliurang, Kabupaten Sleman, DIY

 

PARA pekerja proyek perbaikan jalan akses pengungsian Singlar-Ngancar Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menemukan jejak tapak kaki (foot print) mirip dengan jejak tapak kaki kucing namun ukurannya lebih besar. Jejak tapak kaki mirip jejak kaki kucing tersebut ditemukan beberapa ukuran. 

"Ada yang besar dan ada yang agak kecil. Dimungkinkan jejak itu berasal lebih dari seekor" kata Babinsa Glagaharjo, Eko Widodo, Selasa (24/11).

Menurut dia, jejak tapak kaki kucing berukuran besar itu tercetak di beton semen jalan. Menurut Eko, perbaikan jalan evakuasi itu tidak menggunakan aspal tetapi menggunakan semen beton cor.

"Jejak tapak kucing besar itu diketahui Jumat pekan lalu," kata Eko.

Ia mengungkapkan, diduga sekawanan kucing besar yang dimungkinkan macan tutul penghuni kawasan hutan Gunung Merapi itu melewati saat semen beton cor belum kering benar, sehingga meninggalkan jejak. Menurut Eko, diduga kawanan kucing besar Merapi itu melintas dari sisi timur jalan ke barat. Sementara di barat dan timur jalan yang sedang diperbaiki ini adalah semak gerumbul yang cukup lebat.

baca juga: Diimbau Kosongkan Manusia dalam Radius 5 Km Kawah Merapi

Dugaannya kucing besar berada di kawasan tersebut bukan karena aktivitas Gunung Merapi yang meningkat, tetapi habitatnya di kawasan ini. Eko Widodo tinggal tidak jauh dari lokasi ditemukannya jejak tapak. Ia menjelaskan, binatang buas ini dahulu memang sering ditemukan di kawasan ini.

"Ini memang perlintasan satwa itu, jadi bukan karena aktivitas (Gunung Merapi) naik, terus hewan yang di Merapi turun, itu tidak benar. Memang habitatnya dari dulu di sekitaran sini," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

 ANTARA/Firman

Jalur Ekonomi Lintas Provinsi di Kalsel Lumpuh Akibat Banjir

👤Antara 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 03:25 WIB
Maesa menjelaskan, ketika hujan deras terus mengguyur rusa jalan itu menjadi kubangan yang sangat berbahaya jika kendaraan melintas seperti...
ANTARA FOTO/ Akbar Tado

BNPB: Waspadai Potensi Gempa Susulan di Sulbar

👤Antara 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 02:10 WIB
Gempa susulan signifikan dapat memicu adanya longsoran landslide dan runtuhan batu rockfall, sehingga masyarakat di kawasan perbukitan...
Antara

Media Group Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

👤M. Sholahadhin Azhar 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:49 WIB
"Berisi sembako dan terpal, untuk membantu meringankan saudara-saudara kita, korban gempa Sulbar," kata Ketua Yayasan Media Group...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya