Selasa 17 November 2020, 20:13 WIB

Pemprov Bahas Pengembangan PLTS di Babel

mediaindonesia.com | Nusantara
Pemprov Bahas Pengembangan PLTS di Babel

DOK IKP KOMINFO BABEL

 

PT Faireness Indonesia Daya (FID) beraudiensi dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman. Ini dengan maksud untuk berinvestasi dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Babel, berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/11/20).

Direktur Utama PT FID, Hari Suntoso dalam pemaparan menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini merupakan keinginan dari perusahaan untuk mendukung kebijakan program Pemprov Babel dalam pengembangan PLTS di Babel.

Dalam audiensi ini beberapa hal dibahas. Antara lain, investasi sekitar 4-5 MW dari 1.250 MW pada lahan eks tambang yang konsesinya telah kembali ke Pemprov Babel serta program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) dari PLN di lokasi sulit BBM.

Namun, setelah didiskusikan ternyata lahan eks tambang yang diperkirakan tidak seluas yang diinformasikan oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM seluas 1.250 MW.

"Kenyataannya PLN di Bangka sudah terlaksana untuk 10 MW sisanya yang belum di Belitung. Yang di Belitung itu kewenangannya ada di pusat sehingga, kami kalau mau ikut konversi PLTD menjadi PLTS di Belitung harus ikut lelang," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, untuk permasalahan di atas dirinya akan ikut keputusan pemerintah pusat. Namun, untuk lahan ekstambang Gubernur Erzaldi akan mendukung untuk pengembangan PLTS.

Selain itu, permasalahan PLTS ini hanya menggunakan sinar matahari pada siang hari. "Ini harus kita pikirkan karena, masyarakat banyak mengunakan listrik di malam hari," ujarnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Tebing Tinggi Akan Punya Perguruan Tinggi Negeri

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:28 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara Umar Zunaidi berharap kotanya memiliki perguruan tinggi untuk mewujudkan Tebing Tinggi sebagai...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Naik, Masyarakat Diminta Disiplin Prokes

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:06 WIB
Sebanyak 3.364 orang sembuh, 223 meninggal dunia, dan 467 dalam perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri dengan pengawasan tim...
MI/Gabriel Langga

Pemkab Sikka Tetapkan Darurat Bencana

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 21 Januari 2021, 06:51 WIB
Dalam kunjungan tersebut, Bupati Sikka meminta Kadis Pertanian dan jajarannya untuk secepatnya melakukan pendataan terhadap lahan sawah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya