Senin 02 November 2020, 00:30 WIB

3 Pengunjung Objek Wisata di Lembang Reaktif Covid-19

Depi Gunawan | Nusantara
3 Pengunjung Objek Wisata di Lembang Reaktif Covid-19

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Wisata Alam Floating Market, Lembang.

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) telah melaksanakan rapid test di sejumlah tempat wisata selama 3 hari sejak Rabu (28/10) sampai Sabtu (31/10) di antaranya Lembang Park and Zoo, Grafika Cikole, Lereng Anteng dan Floating Market.

Tiga orang pengunjung yang dinyatakan reaktif itu berasal dari Jakarta 2 orang dan 1 orang asal Kota Bandung. Dinkes langsung melaksanakan swab terhadap tiga orang tersebut.

"Pada tes hari Sabtu kemarin, dua wisawatan asal Jakarta dinyatakan reaktif dari hasil rapid. Mereka langsung kami pisahkan dan dilanjutkan dengan menjalani swab test," terang Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes Bandung Barat, Muhamad Zauhari, Minggu (1/11).

Baca juga: Hujan Lebat, Longsor Tutup Ruas Jalan di Manggarai

Untuk penanganan selanjutnya, mereka akan diserahkan ke dinas kesehatan daerah asal untuk pemantauan lebih lanjut. Hal ini sebagai antisipasi jika berdasarkan swab test yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga untuk melakukan tracking jadi lebih mudah.

"Rapid test ini sebagai antisipasi munculnya kasus baru dari cluster wisata. Dilakukan secara acak, gratis, dan atas kesadaran dari pengunjung," katanya.

Terpisah, Corporate Secretary & PR Floating Market, Intania Setiati menyebutkan adanya rapid test di tempat wisata memberikan kenyamanan dan jaminan kesehatan bagi pelaku wisata. Ini dikarenakan mereka yang datang adalah yang benar-benar sehat.

"Rapid test ini lebih cenderung memberi jaminan kesehatan bagi pengunjung dan pengelola. Makanya banyak pengunjung antusias karena gratis dan surat keterangan hasilnya bisa dipakai di tempat lain. Seperti di stasiun saat akan naik kereta api," tuturnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/M Taufan SP Bustan

Empat Penambang Emas Ilegal di Aceh Barat Ditangkap

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 05:30 WIB
Aktivitas tersebut diduga berlangsung di DAS Peulanggahan, Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh...
Ist

Turun, Produksi Kacang Tanah Sultra Hanya 3.221 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 04:15 WIB
Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat produksi kacang tanah di daerah itu pada tahun 2020 sebanyak 3.221...
ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

BMKG Sampaikan Analisa Terkait Bencana di Sulawesi Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 01:30 WIB
Massa udara yang bertemu di Sulut merupakan massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik sebelah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya