Selasa 27 Oktober 2020, 16:50 WIB

Warga Agam Temukan Bunga Langka di Kebun

Yose Hendra | Nusantara
Warga Agam Temukan Bunga Langka di Kebun

DOK KRC-LIPI
.

 

WARGA Agam, Sumatra Barat, menemukan bunga bangkai yang hidup dalam perkebunan miliknya di Sungai Landai, Dusun Simaruok, Minggu (25/10). Ialah Yossy Ferawati, warga Jorong II, Nagari (desa) Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung.

Ia bersama suaminya sedang membersihkan kebun miliknya dan mencium bau yang sangat menyengat seperti bau bangkai. "Awalnya kami mengira bau ini merupakan bangkai babi, karena beberapa hari sebelumnya, di lokasi ini menjadi tempat perburuan babi oleh masyarakat," ujarnya, Selasa (27/10).

Setelah mencari ke sumber baunya, ternyata ia menemukan bunga langka yang tumbuh di sisi tebing di bawah pohon kayu, tempatnya tidak jauh dari pondok peristirahatannya.

"Diperkirakan tinggi bunga bangkai ini hampir mencapai 2 meter dengan lebar lebih kurang 1 meter," jelasnya.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra, menanggapi hal itu. Menurutnya, tanaman dengan nama latin Amorphophallus titanum tersebut diperkirakan berumur 2 tahun.

Tanaman itu memiliki dua fase. Pertama fase vegetatif, yakni tanaman hanya berupa tangkai, daun, dan batang. Kemudian tanaman menunjukkan bunganya atau disebut dengan fase generatif.

Menurutnya, jika dilihat dari bentuknya sekarang, tanaman ini berada di fase generatif, karena bunganya sudah mekar sempurna. "Masa mekar bunga ini hanya selama 7-10 hari. Setelah itu bunga ini akan menjadi layu," ujarnya.

Amorphophallus titanum (bunga bangkai) tergolong jenis tumbuhan yang dilindungi oleh UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"UU Nomor 5 Tahun 1990 mengatur tentang setiap orang dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati," tutupnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Uang Rp2,016 M Pengganti Kerugian Negara Dikembalikan

👤Widjajadi 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:17 WIB
Rahardyan, warga Solo ini divonis 1,5 tahun penjara dalam putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) Semarang. Sebelumnya dalam putusan...
MI/Dwi Apriani

Cuaca Buruk, Bencana di Sumsel Harus Diwaspadai

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:12 WIB
Kabid Penanggulangan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, meski dilanda cuaca buruk, namun bencana genangan air yang melanda...
MI/Yusuf Riaman

Pangdam IX Udayana: Jangan Percaya Isu Hoaks tentang Vaksin

👤Yusuf Riaman 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:07 WIB
Pangdam juga mengajak masyarakat NTB supaya selalu produktif di masa pandemi ini dengan tetap menerapkan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya