Senin 26 Oktober 2020, 17:50 WIB

Petani di Sukabumi Mulai Garap Musim Tanam II

Benny Bastiandy | Nusantara
Petani di Sukabumi Mulai Garap Musim Tanam II

ANTARA
Ilustrasi

 

PARA petani di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah mulai melaksanakan musim tanam II periode Oktober 2020-Maret 2021. Penanamannya bersamaan memasukinya musim hujan sehingga akan mendukung percepatan masa panen.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, mengatakan musim tanam II meliputi komoditas padi dan hortikultura. Kondisi musim tanam kali ini didukung kondisi cuaca yang cukup bagus karena turun hujan.

"Kondisi sekarang sangat mendukung dalam proses penanaman padi dan hortikultura karena pasokan air mencukupi. Para petani sudah mulai menanam berbagai komoditas pertanian sejak awal Oktober," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Senin (26/10).

Terus dilakukannya percepatan olah tanah dan tanam karena untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal. Karena itu, ketersediaan pangan di Kabupaten Sukabumi masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun ini.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok pangan kita masih banyak. Sekarang saja masih ada petani yang memanen hasil pertaniannya," ungkapnya.

Jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi termasuk Balai Penyuluh Pertanian (BPP) terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok tani. Kegiatan itu untuk menggenjot berbagai produksi pertanian yang ditanam petani.

"Penyuluhan dan bimbingan kepada petani merupakan tupoksi kami. Alhamdulillah, mereka mau mendengar dan menerima masukan-masukan dari petugas penyuluh pertanian," tambah Koordinator BPP Kecamatan Sukabumi, Diat Sujatman.

Ia mengaku produksi pertanian di Wilayah I Sukabumi masih bisa diandalkan meski di tengah pandemi covid-19. Petani di wilayah ini tetap fokus melakukan penanaman berbagai komoditas. "Hampir setiap hari kami ke lapangan mengecek pola tanam yang dilakukan petani," ungkapnya.

Petani, tambahnya, juga makin bersemangat karena didukung sarana dan prasarana yang mencukupi yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat maupun Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. "Kami juga sering mengingatkan petani untuk menggenjot hasil pertaniannya dalam sekali panen," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

DOK MI

KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 23:25 WIB
KPU DIY memastikan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada pilkada bebas daru infeksi...
dok.MI

Tingkat Kesembuhan Covid di Padang Capai 89,9%

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:45 WIB
DINAS Kesehatan Kota Padang mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang mencapai...
MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya