Jumat 23 Oktober 2020, 15:35 WIB

Mau Liburan saat Pandemi, Ini Tipsnya

Surya Sriyanti | Nusantara
Mau Liburan saat Pandemi, Ini Tipsnya

MI/Surya Sriyanti
dr. Caroline Ivonne ,Tim Komunikasi dan Publikasi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng.

 

LIBUR panjang sudah menanti dan sudah ada yang menjadwalkan berlibur bersama keluarga maupun handai taulan. Namun, konidisi saat ini berbeda karena ada pandemi Covid-19. Agar berlibur tenang dan nyaman Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng memberikan sejumlah tips.

"Memakai  masker itu merupakan hal yang utama yang harus dilakukan untuk menghindari percikan air liur saat berbicara. Penyebaran virus corona itu terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara," kata dr. Caroline Ivonne , dari Tim Komunikasi dan Publikasi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, Kamis (22/10).

Karenanya, dia meminta masyarakat patuh memakai masker dan jaga jarak serta menghindari kerumunan agar tidak terpapar Covid-19. Adapun masker yang digunakan berbahan kain hanya melindungi 70%, sedangkan masker bedah hanya 80-90%. Masker paling aman jenis N95.

Selain itu, saran dr Ivonne, hindari kerumunan yang menyebabkan tidak ada jarak. Pilih daerah wisata yang tidak terlalu padat karena menghindari potensi penyebaran virus corona.

"Status zonasi lokasi wisata yang bakal dikunjungi sebaiknya diketahui lebih awal, apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye, atau merah,"ungkap dia.

Status itu bisa diketahui dengan mengunjungi laman resmi Covid-19 atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat. Juga disarankan pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman.

"Setelah zonasi pastikan lokasi hiburan itu di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan (outdoor). Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara." saranya.

Dan pastikan kondisi tubuh fit atau sehat sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik mencari hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Tuban Larang Warga Jual Bantuan Sosial

Baca Juga

DOK MI

Garda Pemuda NasDem Gandeng Milenial Awasi Pilkada Jabar

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:21 WIB
Garda Pemuda NasDem Jawa Barat optimistis mampu meraih simpati 18 juta pemuda di Jawa Barat untuk kemenangan pasangan calon yang diusung...
dok polda jatim

Sinergitas TNI/Polri dan Ulama untuk Jatim yang Kondusif

👤RO/Micom 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
Sinergitas TNI/Polri dan ulama dibutuhkan untuk menjaga keamanan di...
DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya