Kamis 22 Oktober 2020, 00:25 WIB

Waspadai Efek La Nina di Wilayah Barat Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Waspadai Efek La Nina di Wilayah Barat Sumsel

ANTARA
Ilustrasi banjir bandang

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di bagian barat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mewaspadai efek perubahan cuaca akibat fenomena La Nina. Adapun daerah tersebut diantaranya Lahat, Pagaralam, sebagian Muara Enim, Muratara, Empat Lawang, dan sebagian OKU Selatan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang Nandang Pangaribowo menerangkan, secara umum wilayah Sumsel masih dalam masa musim pancaroba karena angin muson Timur (Australia) masih cukup dominan. Namun dampak La Nina sendiri tidak siginifikan bagi Sumatera Selatan.

"Curah hujan bertambah tetap ada katena musim peralihan masih berlangsung sehingga sebagian wilayah Sumsel masuki awal musim penghujan. Ditambah kondisi Indonesia memasuki fenomena La Nina, pada  November wilayah Sumsel curah hujan meningkat," ungkap Nandang, Rabu (21/10).

Pihaknya juga telah memberikan peringatan dini kepada wilayah Sumsel bagian barat untuk mewaspadai curah hujan yang tinggi pada November. Prediksi La Nina akan berlangsung hingga akhir 2020. "Seiring kenaikan curah hujan, La Nina berpotensi meningkatkan risiko banjir, membuat lahan pertanian terendam, pohon tumbang, dan longsor," jelasnya.

Ia mengimbau warga sekitar sungai dan daerah tanah yang labil di Sumsel bagian barat agar berhati-hati. Sedangkan warga yang tinggal di daerah rawan genangan air karena dekat dengan sungai seperti Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Palembang, dan OKU. "Karena di daerah tersebut berpotensi hujan dan petir yang disertai angin kencang," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

Antara/Bayu Pratama

Jokowi Instruksikan Segera Kerahkan Bantuan untuk Banjir di Kalsel

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:02 WIB
"Saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan, terutama yang berkaitan...
dok.mi

Kasus Positif Covid di Sumsel Terus Bertambah, Ini Sebabnya

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:45 WIB
MESKI saat ini Provinsi Sumatra Selatan sudah memulai vaksinasi Covid-19, tidak berarti kasus positif Covid-19 mereda. Hari ini justru ada...
MI/Heri Susetyo

Usai Divaksin, Forkopimda Sidoarjo Minta Warga Tak Ragu Divaksin

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:35 WIB
SEJUMLAH anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo dan tokoh agama mengikuti vaksinasi perdana di Gedung Hemodialisis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya