Jumat 04 September 2020, 03:50 WIB

Suvenir Mentan 2021 Alpukat Pameling

Bagus Suryo | Nusantara
Suvenir Mentan 2021 Alpukat Pameling

MI/Bagus Suryo
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menanam benih alpukat varietas pameling di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

 

ALPUKAT pameling membuat Syahrul Yasin Limpo terus mengecap bibirnya. “Ukurannya terbesar di dunia. Rasanya luar biasa,” ungkap Menteri Pertanian itu. Kemarin, dia mengunjungi kebun pohon induk dan pembibitan alpukat di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pak Menteri pun langsung berpikir untuk mengembangkan komoditas ini. “Budi daya alpukat pameling harus dilakukan di semua provinsi, jangan di Malang saja,” tambahnya.

Ia juga mendorong pendirian industri pengolah alpukat tersebut. Selain meningkatkan kesejahteraan petani, keberadaan industri pertanian juga menyerap banyak tenaga kerja di desa.

Industri pengolahan alpukat, lanjut menteri asal Sulawesi Selatan itu, membuat hasil panen dan produk olahan bisa disimpan hingga enam bulan.

Dengan olahan, penjualan ke pasar juga akan mendatangkan hasil yang lebih baik. “Baik industri maupun lahannya kalau bisa ada cabangnya di semua provinsi,” tandas gubernur dua periode itu.

Tidak hanya ide di kepala, Syahrul juga minta petani di Malang memperbanyak benih alpukat pameling. Menteri akan membelinya.

“Saya minta pada 2021, benih alpukat pameling menjadi tanaman suvenir dari menteri. Mininal 1.000 pohon akan dibagikan kepada bupati se- Indonesia,” tegasnya.

Alpukat pameling ditemukan Sanari, warga Wonorejo, dari alpukat jenis arjuno yang sudah berusia 39 tahun. Budi daya dilakukan Subandi, petani lain, dengan menanam ratusan pohon melibatkan kelompok tani.

Di Jawa Tengah, Bank Indonesia Perwakilan Tegal mendampingi petani meningkatkan produksi bawang putih. Merkea bersinegeri dengan Kementerian Pertanian dan Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB.

“Kami memilih budi daya double chromosome yang unggul karena masa tanam pendek dan hasil panen lebih banyak,” kata kepala Perwakilan BI, M Taufik Amrozi. (BN/JI/EP/DW/N-3)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Polres Klaten Bantu Beras Masyarakat Terdampak Covid-19

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:12 WIB
Kegiatan baksos di Desa Kaligawe, Pedan, dipimpin Wakapolres Kompol Sumiarta. Sedangkan baksos di Desa Jambukidul, Ceper, dipimpin...
Medcom.id/Mohamad Rizal.

Polisi Tahan Mantan Kades yang Korupsi Dana Desa

👤Kristiadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:04 WIB
Uang dana desa hasil korupsi yang digunakan oleh AR tidak sesuai dengan...
MI/ARNOLDUS DHAE

Bandara Ngurah Rai Mulai Sambut Tamu G20

👤Arnoldhus Dhae 🕔Rabu 08 Desember 2021, 17:56 WIB
"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali mendukung penuh kegiatan G20 dengan menyiapkan fasilitas alur khusus saat tiba...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya