Rabu 05 Agustus 2020, 17:46 WIB

Polda Sumsel Musnahkan Ratusan Senpira dan Sajam

Dwi Apriani | Nusantara
Polda Sumsel Musnahkan Ratusan Senpira dan Sajam

Antara
Ilustrasi senjata api ilegal

 

KEPOLISIAN Daerah Sumatra Selatan berhasil mengamanjan ratusan senjata api rakitan yang dikumpulkan dalam waktu satu tahun terakhir. Untuk itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri memusnahkan ratusan senjata api rakitan tersebut di halaman Mapolda Sumsel, Rabu (5/8).

Dalam pemusnahan senjata api turut hadir Gubernur Herman Deru bersama Walikota Palembang Harnojoyo. Herman Deru turut memusnahkan senjata api dengan cara dicincang pakai gerinda bersama Kapolda.

"Barang bukti yang dimusnahkan ini adalah hasil penindakan yang dilakukan jajaran di Direktorat Reserse Kriminal Umum," terang Eko Indra. Adapun jumlah senjata hasil sitaan yang dicincang yakni 563 pucuk senjata laras panjang, 315 pucuk senjata laras pendek. Selain itu ada pula 107 butir amunisi aktif dimusnahkan.

Tidak hanya senjata api, ada pula ratusan senjata tajam hasil kejahatan yang disita polisi. Senjata tajam itu turut dicincang di Mapolda Sumsel sebagai bukti keseriusan dalam pemberantasan kejahatan. "Pemusnahan ini adalah bentuk keseriusan Polda Sumsel dan jajaran dalam menekan angka kriminalitas di Sumsel. Termasuk memberantas pembuatan dan peredaran senjata api rakitan," katanya.

Terkait masih banyak ditemukan senjata api rakitan dan masyarakat membawa senjata tajam, Eko Indra minta masyarakat ikut aktif memberikan informasi. Terutama jika mengetahui, melihat dan menemukan adanya peredaran senjata api rakitan.

Setelah melakukan pemusnahan senjata api rakitan, Gubernur Sumsel bersama Kapolda Sumsel berlanjut melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung utama Polda Sumsel. Dengan konsep smart building delapan lantai ditarget gedung selesai pada akhir 2022 mendatang. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Inrianto Eko Suwarso

Komnas PA Sebut Korban Kekerasan Seksual di SPI Capai 60 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:00 WIB
Sejauh ini, kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, dari 60 korban itu, sebanyak 14 orang di antaranya telah menyelesaikan berkas acara...
MI/Alexander P Taum

51 Unit Huntara Mulai Jawab Kebutuhan Penyintas Banjir Bandang  Lembata

👤Alexander P Taum 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:45 WIB
Meski belum dapat menjawab kebutuhan seluruh penyintas akibat bencana Seroja, namun warga mengaku langkah komunitas Taman Daun mulai...
DOK Pribadi.

Pemilik Toko Vape di Makassar Dapat Edukasi Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:30 WIB
Kendati secara klinis rokok yang dikonsumsi dengan dibakar memicu berbagai macam masalah kesehatan, upaya untuk menghentikan konsumsi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya