Senin 20 Juli 2020, 05:40 WIB

Membatasi Gerak Bandar Narkoba

(LD/PO/N-2) | Nusantara
Membatasi Gerak Bandar Narkoba

LILIK DARMAWAN
Direktur Jenderal Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga memberikan keterangan di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah,

 

PEMERINTAH tidak mau kalah dari bandar narkoba, yang tetap beraksi meski berada di penjara. Pulau Nusakambangan dipilih untuk menjadi lokasi yang bisa memisahkan mereka dari dunia ramai.

Akhir pekan lalu, sebanyak 90 bandar narkoba, narapidana dari sejumlah lembaga pemasyarakatan diboyong ke Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. "Total, sampai hari ini, ada 228 bandar narkoba yang ada di Nusakambangan," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Reinhard Silitonga, kemarin.

Para narapidana itu dipindahkan dari sejumlah LP, termasuk di antaranya penjara superketat Gunung Sindur, Bogor. LP lainnya ialah LP Cirebon, LP Banceuy, dan LP Karawang.

Para narapidana kasus narkoba itu, lanjut Reinhard, kebanyakan telah mendapat vonis hukuman mati dan seumur hidup. "Ada juga beberapa yang dihukum belasan tahun. Mereka dipindahkan ke Nusakambangan karena diduga menjadi pengendali peredaran narkoba dari dalam penjara."

Sementara itu, narapidana kasus narkoba yang sudah lebih lama berada di Nusakambangan berasal dari Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta. "Pemindahan ini bentuk keseriusan kami menangani bandar narkoba," tegas Reinhard.

Berbeda dengan narapidana dari wilayah lain, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur memilih memindahkan narapidana kasus pencurian ternak ke Nusakambangan. Jumlahnya tiga orang.

"Pemindahan ini untuk memberikan efek jera sehingga mereka tidak akan mengulanginya lagi di masa mendatang. Vonis mereka mulai dari 3, 5, dan 6 tahun," kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT Marciana Dominika Jone. (LD/PO/N-2)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

BNNK Sleman Tangkap Pengecer Narkoba di Desa Bersih Narkoba

👤Agus Utantoro 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:17 WIB
BNN Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pria berinisial TAU, warga Mlati, Sleman, karena kedapatan menyimpan puluhan...
dok.Ant

Kasus Covid-19 Kota Semarang dan Pekalongan Muncul Lagi

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:00 WIB
KASUS covid-19 Kota Semarang muncul lagi hingga capai 30 kasus dan Kota Pekalongan empat kasus baru, setelah cukup lama zero...
ANTARA FOTO

Hama Kutu Putih Serang Alpukat Pasaman

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 06:20 WIB
Hama kutu putih membuat hasil panen alpukat merosot, jika biasanya dalam satu hari bisa panen 8 ton alpukat per hektare kini maksimal hanya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya