Kamis 16 Juli 2020, 09:14 WIB

UMKM di Temanggung Mulai Menggeliat

Tosiani | Nusantara
 UMKM di Temanggung Mulai Menggeliat

MI/Tosiani
Kafe Kinanthi di Jalan Tentara Jenie Temanggung mulai dibuka lagi setelah lama tutup akibat pandemi covid-19.

 

BISNIS Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang sempat terpuruk semenjak pandemik korona, kini kembali bangkit. Meskipun belum sepenuhnya pulih, namun geliat usaha mereka kembali terlihat. Seperti yang dialami Adi Prasetyo, 23 koordinator pedagang mi ayam khas Purwokerto yang berlokasi di daerah Kowangan, Kecamatan Temanggung. Sejak pandemi pada Maret lalu omzetnya turun 50%. Bahkan tiga cabang usahanya di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo  sempat tutup selama dua pekan, kemudian buka kembali namun sepi pembeli.

Selama masa tutup dua pekan tersebut, lanjut Adi, pihak pengelola usaha menerapkan cara berbisnis secara jemput bola. Ia memanfaatkan para pelanggan yang masih menyimpan nomor telepon pengelola usaha. Selain itu, promosi juga digencarkan melalui media sosial instagram.

"Pas tutup kami menerapkan delivery order. Lalu buka lagi, tapi sempat sepi selama sekitar sebulanan. Baru kemudian ramai lagi," kata Ady, Kamis (16/7).

baca juga: Pengamat: RUU Cipta Kerja Menguntungkan Pekerja

Geliat usaha juga dialami pengelola Kafe Kinanthi di Jalan Tentara Jenie Temanggung. Sebelumnya, sejak awal pandemik, usaha ini tutup total. Bahkan eksport kopi celup yang biasa dilakukan ke berbagai negara mutlak dihentikan karena pandemik.

"Kamu baru mulai buka lagi sekitar sebulan terakhir dan masih belum sepenuhnya normal. Tapi masih belum bisa eksport karena pengiriman barang ke luar masih ditutup," ujar Rusiyati Megawati,52, pemilik Kafe Kinanthi. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist/BP Batam

Kepala BP Batam Lantik Pejabat Struktural Badan Usaha Bandar Udara dan Pelabuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:34 WIB
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pelantikan ini merupakan implementasi dari SK BP Batam Nomor 95 Tahun...
dok.ist

Sikap Petani Di Bergas Lor Curi Perhatian Ganjar

👤Haryanto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:10 WIB
ADA peristiwa tak terduga pada Peringatan Bulan Soekarno di Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, seorang petani berdiri tegak...
Ant/Mohammad Ayudha

PLTSA Putri Cempo Diuji Cobakan Hasilkan Listrik

👤Widjajadi 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:05 WIB
PROYEK Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo yang merupakan proyek pengembangan pembangkit listrik berbasis sampah di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya