Jumat 19 Juni 2020, 13:09 WIB

Hama Tikus Serang Puluhan Hektar Sawah di Pidie

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Hama Tikus Serang Puluhan Hektar Sawah di Pidie

MI/Djoko Sardjono
ilustrasi Aparat TNI menangkap tikus yang menyerang tanaman padi.

 

PULUHAN hektare (ha) lahan sawah milik petani di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, diserang hama tikus. Padi yang diserang berusia 40-50 hari. Kondisi terparah di Kecamatan Indrajaya, Lampoh Saka, Mutiara dan Kecamatan Sakti. Hama tikus menggerek bagian batang dan bulir padi saat malam hari.

Di Desa Pante Lhok Kaju, Kecamatan Indrajaya, misalnya sebagian lahan sawat terancam puso setelah digasak tikus. Padahal petani telah mengatasi dengan berbagai cara namun serangan hama tikus tidak berkurang.

"Ada sekitar dua hektare padi sudah rusak berat dan kondisinya terancam gagal panen. Karena sepekan saja tidak teratasi, serangan sudah menjalar ke segala penjuru" tutur Hanafi, petani di Kecamatan Indrajaya, kepada mediaindonesia.com, Jumat (19/6).

Dikatakannya, mulanya tikus sering menyerang pada bagian tengah lawah yang jauh dari pematang dan tidak terusik lalu lalang manusia. Kemudian dari hari ke hari terus meluas hingga ke pinggiran dekat pamatang. Sepekan saja tidak teratasi, satu petak sawah habis digasak.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di Kecamatan Lampoh Saka. Serangan hama tikus sudah menyebar ke berbagai sudut oenjuru sawah setempat. Bahkan ada sebagian petak sawah habis digasak hama tikus berwarna kecoklatan itu.

baca juga: Longsor Putus Akses Jalan di Tasikmalaya

Hingga sekarang serangan tikus belum berhenti. Bahkan petani semakin sulit mengatasi hama bertelinga penggerek batang padi muda tersebut. Mereka kecewa terhadap Dinas Pertanian Kabupaten Pidie dan Dinas Pertanian Provinsi Aceh yang terkesan tidak respons terkait serangat itu.

"Sekarang seperti apatis. Tidak tahu mau melakukan pencegahan bagaimana lagi dan harus melapor ke mana lagi, supaya ini ada jalan keluar," tutur Abdullah, petani lainnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya