Rabu 29 Januari 2020, 13:54 WIB

Petani Tebar Kulit Pisang Cegah Hama Keong Mas

Adi Kristiadi | Nusantara
Petani Tebar Kulit Pisang Cegah Hama Keong Mas

Antara
Petani menunjukkan hama keong mas

 

MEMASUKI musim tanam perdana tahun 2020, petani Tasikmalaya, Jawa Barat menebar kulit pisang disekitar lahan mereka. Hal ini untuk mengantisipasi serangan hama keong mas.

Ketua Gerakan Petani Mandiri Indonesia, Jawa Barat, Yuyun Suyud mengatakan, masa tanam awal tahun ini dilakukannya secara serentak di berbagai daerah. Untuk mengantisipasi serangan hama keong mas, petani menyebar kulit pisang atau pelepah/batang pohon pepaya yang tidak berproduktif.

"Di Kota Tasikmalaya sendiri selama ini sudah 40 persen melakukan strategi dengan cara memberikan makanan kulit pisang untuk keong mas, supaya serangan tersebut itu tidak menimbulkann kematian pada tanaman padi," katanya, Rabu (29/1).

Yuyun mengatakan, strategi yang dilakukan ini sudah lama dilakukan. Cara itu paling mudah tanpa harus membeli obat dan lainnya tinggal petani jalan-jalan mencari para penjual goreng pisang dan meminta/memesan kulitnya. Langkah tersebut sangat simple untuk menyingkirkan hama keong mas, di areal persawahan dan tinggal menaruhnya di aliran air (parit).

"Jika petani mengalami kesulitan mendapat kulit pisang, bisa memakai pohon pepaya tak berproduktif sebagai makanan. Karena, upaya itu memang sudah dilakukan di Tasikmalaya," ungkapnya.

Dia berharap, daerah lain yang belum melakukan strategi ini bisa mencontohnya. Sebab hasilnya cukup bagus menghalau serangan hama keong mas. (OL-13)

 

Baca Juga

Ist

Penegakan Hukum Pengambilan Mata Air Tanpa Izin Harus Disegerakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:06 WIB
Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti bahkan mengingatkan, law enforcement harus disegerakan, guna menjaga dan melindungi hak...
MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya