Rabu 20 November 2019, 07:52 WIB

Kerahkan Bunda PAUD, Blora Tekan Stunting Menuju 0%

Akhmad Safuan | Nusantara
Kerahkan Bunda PAUD, Blora Tekan Stunting Menuju 0%

MI/Akhmad Safuan
Umi Kulsum Djoko Nugroho mengukuhkan Bunda PAUD Kabupaten Blora dan mengerahkan mereka untuk menekan stunting hingga 0%.

 

MESKIPUN menjadi terbaik se-Jawa Tengah dalam pengurangan angka stunting, Kabupaten Blora kembali buat gebrakan untuk menekan gangguan pertumbuhan anak hingga 0%. Gerakan ini mengerahkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini atau Bunda PAUD. Melalui Bunda PAUD ini, masalah stunting ditekankan untuk pemberian gizi cukup pada anak usia 0 hingga 1.000 hari pertama.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan Kemenkes pada 2018 angka stunting di Blora sebelumnya 55,1% menjadi 32% pada 2018. Dan kini menjadi 8,2%.

"Selain mengawal kualitas pendidikan anak, Bunda PAUD hingga ke pelosok desa harus memberikan kontribusi penanggulangan stunting (kekerdilan) pada anak," kata Umi Kulsum Djoko Nugroho usai Pengukuhan Bunda PAUD Desa, Kelurahan dan Kecamatan se Kabupaten Blora, Rabu (20/11/2019).

Menurut Umi, seribu hari pertama kehidupan, seorang anak harus mendapatkan asupan gizi yang tepat untuk mencegah stunting sekaligus pendidikan karakter yang kuat. Sebab pada seribu hari pertama kehidupan seorang anak inilah karakter terbangun dan kesehatan tubuh terbentuk.

baca juga: Mantan Anggota DPRD Surabaya Mulai Diadili

"Kita akan berikan apresiasi dan penghargaan kepada Ibu PAUD yang berhasil, semoga ini akan meningkatkan kinerja terutama dalam mengatasi stunting," imbuhnya.

Dengan jumlah Bunda PAUD yang cukup besar dan tersebar di desa-desa, menjadi kekuatan untuk menghapus stunting di Kabupaten Blora. (OL-3)

 

 

Baca Juga

DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...
ANTARA/FIKRI YUSUF

Bali Akhirnya Kembali Inflasi di November 2020

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:15 WIB
"Secara tahunan, inflasi Bali tercatat sebesar 0,81% (yoy), juga lebih rendah dibandingkan dengan nasional yang sebesar 1,59%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya