Kamis 05 September 2019, 11:25 WIB

Media Group Tebar Ilmu Jurnalistik di Kudus

AS/N-2 | Nusantara
Media Group Tebar Ilmu Jurnalistik di Kudus

MI/AKHMAD SAFUAN
Pelatihan jurnalistik tim dari Media Indonesia - Research Centre Media Group (RCMG) dan Yayasan Dharma Bakti Lestari di kampus UMK, Kudus

 

KERINDUAN mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memperoleh pengetahuan soal jurnalistik akhirnya terpenuhi. Kemarin, tim dari Media Indonesia, Research Center Media Group, dan Yayasan Dharma Bakti Lestari menggelar pelatihan jurnalistik di Universitas Muria Kudus.

Di kampus yang berada di Jalan Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Kecamatan Gondang Manis, itu, sejak pagi, puluhan mahasiswa antusias mengikuti pelatihan. Ruang seminar di lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus itu terasa lebih hangat karena proses diskusi dan tanya jawab antara pemrasaran dan mahasiswa terus berlangsung.

Dua wartawan senior Media Indonesia, Gantyo Koespradono dan Kleden Suban membuka wawasan para mahasiswa terhadap kemajuan dunia jurnalistik. Mereka juga melatih penulisan berita dan teknik peliputan. Tim dari Metro TV juga melatih mahasiswa soal proses penyajian berita dalam bentuk video. "Ketika kita menyampaikan berita, isi pernyataan, itu ada kaidah dan etika-etikanya. Dan etika-etika itu sudah diatur dalam dunia jurnalistik," kata Gantyo.

Menurut dia, dalam pelatihan para mahasiswa diajak mengaplikasikan ilmu jurnalistik, mulai merancang, mencari, menulis, hingga menampilkan hasilnya lewat berbagai media, baik cetak maupun elektronik. "Kepada mereka, kami akan melatih kemampuan berbahasa dan menulis yang baik, serta dapat menimbang kelayakan isu yang akan ditampilkan," jelas Gantyo.

Rektor Universitas Muria Kudus, Suparnyo, mengakui pelatihan jurnalistik merupakan upaya kampusnya untuk membekali mahasiswa dengan ilmu dan keterampilan di luar yang mereka terima di dalam kelas. Pasalnya, kampus ini tidak memiliki jurusan komunikasi atau jurnalistik. Padahal, sejumlah mahasiswa memperlihatkan minatnya untuk menggeluti dunia jurnalistik.

"Untuk mewadahi minat mahasiswa, sebenarnya sudah ada 15 wadah unit kegiatan mahasiswa. Lewat unit-unit itu, kami berharap mahasiswa akan mempunyai ilmu dan keterampilan tambahan sehingga setelah lulus mereka siap dan dapat bekerja sesuai dengan keinginan," tambahnya. (AS/N-2)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Tuntaskan Pelantikan 77 Kepala Desa Terpilih

👤Benny Bastiandy 🕔Rabu 28 September 2022, 18:40 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menuntaskan pelantikan 77 kepala desa terpilih hasil Pilkades...
Dok. BPJS Ketenagaketjaan

Ribuan Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Ternate Terima BSU Tahun 2022 Dari Presiden

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 18:13 WIB
Program BSU merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempertahankan daya beli pekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup...
DOK Pribadi.

PMI dan ICRC kembali Gelar Operasi Katarak di Manokwari Selatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 17:22 WIB
PMI dan ICRC telah melakukan kegiatan operasi katarak gratis sejak 2006 untuk menjangkau wilayah Indonesia bagian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya