Rabu 28 Desember 2022, 17:28 WIB

Polisi Tangkap 168 Pelaku Kejahatan dalam Operasi Sikat Jaya

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Tangkap 168 Pelaku Kejahatan dalam Operasi Sikat Jaya

Antara
Iustrasi sejumlah tersangka yang ditangkap dalam Operasi Sikat Jaya.

 

POLDA Metro Jaya (PMJ) menangkap 168 pelaku kejahatan selama Operasi Sikat Jaya 2022 yang berlangsung pada 1-15 Desember 2022. Direktur Kriminal Umum PMJ Kombes Hengki Haryadi mengatakan operasi tersebut menyasar pelaku kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat.

"Hasil operasi selama 15 hari, kita berhasil mengungkap 112 kasus, serta menangkap dan menahan 168 orang," ungkap Hengki, Rabu (28/12).

Rincian 112 kasus terdiri dari 3 kasus penganiayaan berat, 12 kasus pencurian dengan kekerasan, serta 36 kasus pencurian dengan pemberatan. Kemudian, 37 kasus pencurian sepeda motor, 6 kasus pencurian biasa, 8 kasus judi dan 1 kasus pengeroyokan. 

Baca juga: Polri Berikan Arahan Kepada Seluruh Jajaran untuk Antisipasi Cuaca Buruk

Berikut, 6 kasus terkait Undang-Undang Darurat atau kepemilikan senjata api, 1 kasus pemasaran dan 2 kasus kejahatan lainnya. Namun, Hengki tidak mengungkapkan secara terperinci jumlah tersangka pada setiap kasus tersebut.

Pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang senilai Rp52,8 juta dan satu pucuk softgun. Lalu, 5 unit kendaraan roda empat, 37 unit kendaraan roda dua, 13 bilah senjata tajam, 119 unit ponsel dan 14 unit laptop.

Baca juga: Polda Metro Petakan Titik Keramaian dan Kerawanan Saat Tahun Baru

Serta, sejumlah alat kejahatan, termasuk kunci letter T atau Y, magnet pembuka kunci, linggis, palu, obeng, dan tang. Adapun Operasi Sikat Jaya 2022 bertujuan memberantas segala tindakan kriminal dan kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat.

Hengki berharap dengan adanya operasi ini dapat memberikan efek jera bagi pelaku. Serta, menghentikan niat dari calon pelaku kriminal. "Masyarakat agar tidak mengikuti pola kejahatan yang dilakukan para tersangka," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Antisipasi Kraken, Polres Bandara Gelar Vaksinasi Booster Kedua

👤Sumantri 🕔Minggu 05 Februari 2023, 20:08 WIB
Vaksinasi penguat ini sudah dilaksanakan dalam kurun waktu empat hari, mulai Minggu ini dan kemudian akan dilanjutkan pada hari ke depannya...
Ilustrasi

Polda Metro: Keterangan Bripka Madih Tidak Konsisten Soal Sengketa Lahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:37 WIB
Hengki mengatakan Bripka Madih tidak konsisten, karena adanya pernyataan di media dengan data diterima polisi terkait laporan pada tahun...
Ist

Gelaran Cap Go Meh di Jakbar Momentum Perekat Persatuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:28 WIB
Keragaman budaya Indonesia perlu lestarikan, agar generasi penerus dapat mengerti keberagaman indonesia, khusunya generasi muda di Taman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya