Selasa 27 Desember 2022, 18:25 WIB

Polda Metro Petakan Titik Keramaian dan Kerawanan Saat Tahun Baru

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polda Metro Petakan Titik Keramaian dan Kerawanan Saat Tahun Baru

MI/Ramdani
Warga menyalakan kembang api saat pergantian tahun baru di Bundaran HI, Jakarta.

 

POLDA Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik keramaian saat perayaan Tahun Baru 2023. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut pihaknya telah melakukan antisipasi dengan menempatkan personel di tempat keramaian tersebut.

Ia merinci titik keramaian saat perayaan Tahun Baru 2023, yakni kawasan Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, dan Patung Ondel-ondel.

Baca juga: BPBD DKI Ingatkan Warga Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi Sepekan Kedepan

Selain itu, Jakarta Aquarium, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, kawasan Kota Tua, dan kawasan Pantai Indah Kapuk. 

"Lalu, kawasan Blok M, Senopati, Kemang, Ragunan, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera," ujar Zulpan melalui keterangan tertulis, Selasa (27/12).

Zulpan mengatakan pihaknya juga telah memetakan sejumlah kejadian yang rawan terjadi saat malam tahun baru. Kerawanan tersebut mulai dari faktor manusia dan faktor alam.

Ia merinci kerawanan saat tahun baru yaitu kerumunan karena adanya konser dan pesta kembang api. Kemudian, kemacetan karena konvoi dan pawai keliling. Selanjutnya, aksi kriminalitas dan konflik antarwarga, seperti tawuran, pesta miras, dan konflik Ormas.

Lalu, kerumunan yang terjadi berpotensi terjadinya lonjakan kasus covid-19. Terakhir, bencana alam, seperti banjir, kebakaran. Terakhir, ialah aksi teror, seperti bom, sabotase tempat ibadah, sentra ekonomi, dan pariwisata.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengungkap pengamanan yang akan dilakukan pada Operasi Lilin Jaya 2022 dalam perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Polda Metro Jaya sendiri akan menurunkan total 7.421 ribu personel dalam operasi tersebut.

"Untuk kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022 ini, khususnya untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan pengamanan sebanyak 7.421 personel," kata Zulpan.

Zulpan menambahkan, total ada 97 pos pengamanan dan 38 pos pelayanan yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Untuk Pospam dalam Operasi Lilin Jaya 2022, itu ada sebanyak 97, adapun pos pelayanan Posyan 38 tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro, baik itu DKI, Tangerang, Bekasi, Depok," jelasnya.(OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Akses Jalan di JIS Dikritik, Dishub DKI Sebut Karena Pembangunan Jalan Tol

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:27 WIB
Syafrin juga menambahkan, Dishub DKI sudah melakukan rekayasa lalu lintas dan melakukan sosialisasi secara masif kepada mascara...
Antara

Hujan Angin Landa Jakarta, BMKG: Dampak Siklon Tropis Freddy

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:48 WIB
Sejak pagi hingga siang, wilayah Ibu Kota dilanda hujan deras disertai angin kencang, yang turut menyebabkan tiga pohon...
Antara

Purnawirawan Polri Siap Diperiksa Soal Laporan Keluarga Hasya

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:26 WIB
Kuasa hukum AKBP (Purn) Eko Setio Budi mengklaim kliennya tidak melakukan pembiaraan terhadap mahasiswa UI bernama Hasya Attalah setelah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya