Sabtu 13 Agustus 2022, 08:50 WIB

Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

Irfan Julyusman | Megapolitan
Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

dok.ant
Pedagang musiman bendera merah putih melayani pembeli

 

MENJELANG 17 Agustus mulai tampak banyak penjual bendera yang menjajakan dagangan mereka, dari yang keliling hingga yang mangkal menunggu pembeli. Maraknya para pedagang bendera ini dikarenakan pandemi Covid-19 melandai dan aturan PPKM dilonggarkan.

Ian selaku penjual bendera di kawasan Ciracas, Jakarta Timur mengakuai bahwa penjualan mulai meningkat karena aturan sudah mulai melonggar

“Ada yang beli satu-satu, buat di ganti (benderanya) tapi gak begitu rame, sekarang mah agak bebas jadi ada peningkatan, tahun lalu mah parah banget, banyak Satpol PP yang jaga. Alhamdulillah sekarang agak bebas,” kata Ian.

Cucu, penjual bendera yang lain juga mengakui bisa bernafas lega tahun ini. "Kemarin mah (2021) cuma tiga bendera yang laku buat makan juga agak susah, hari ini ya alhamdulillah sudah jual empat bendera,” kata Cucu.

Dengan longgarnya peraturan, menurut Cucu, membuat persaingan penjualan bendera juga meningkat. Cucu yang selama ini menjual bendera hanya mangkal saja mulai tergerus dengan penjual bendera keliling. Apalagi mereka menjajakan bendera dan perlengkapan yang lebih lengkap.

“Tapi yang sekarang mah penjualnya minta ampun, kalau kemarin mah pada corona itu yang keliling gak banyak, jarang," kata Cucu

"Pedagang bendera keliling lebih lengkap, ada bambunya lagi buat masang benderanya” lanjutnya.

Namun meskipun penjualan meningkat namun itu hanya cukup untuk makan saja. Cucu mengatakan meskipun mengalami peningkatan, namun ia hanya dapat menjual bendera yang harganya murah, sehingga hanya cukup untuk makan saja.

“Ya se-empatnya kalau cuma yang dua puluh ribu, tiga puluh ribu kan buat makan juga, sehari cepe (100 ribu) juga habis” kata Cucu. (OL-13)

Baca Juga: Bima Arya Persilakan Citayam Fashion Week Pindah ke Alun-Alun Bogor

Baca Juga

Antara

41,7% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari Jakarta

👤MGN 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:35 WIB
Sebanyak 551 kasus dari 1.322 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Minggu...
dok.DPP Gemabudhi

DPP Gemabudhi Kecam Dugaan Kekerasan dan Perampasan Aset Vihara Tien En Tang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:05 WIB
DPP Gemabudhi mengecam aksi kekerasan dan erampasan terhadap aset Vihara Buddha Tien En Tang di kawasan Green Garden, Jakarta Barat pada...
MI/SUSANTO

Sering Macet Parah, Lalin di Kawasan Cipete Diubah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:54 WIB
Dishub DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Cipete, Jakarta Selatan mulai 30 September-13 Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya