Senin 07 Maret 2022, 12:16 WIB

Wagub DKI Optimistis Sirkuit Formula E Selesai Tepat Waktu

Hilda Julaika | Megapolitan
Wagub DKI Optimistis Sirkuit Formula E Selesai Tepat Waktu

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan pengerjaan proyek sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (6/3).

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pembangunan sirkuit Formula E sudah tahap pengaspalan saat ini. PIhaknya pun optimis pengerjaan sirkuit balapan mobil listrik ini bisa selesai tepat waktu. Dengan target pembangunan sirkuit tuntas April mendatang.

“Progresnya sudah pengaspalan ya, Insya Allah sesuai dengan jadwal,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/3).

Di sisi lain, untuk pembangunan sirkuit Formula E dengan anggaran Rp60 miliar, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto menjelaskan, anggaran berasal dari kas perusahaan Jakpro. Sehingga, pembangunan sirkuit diyakini tidak membebani APBD DKI.

"Tidak. Itu dari perusahaan. Kan kita ada RKA (rencana kerja dan anggaran)," katanya.

Baca juga: Belum Umumkan Sponsor Formula E, Ini Alasan Jakpro

Sebelumnya, dana pembangunan sirkuit Formula E diketahui membengkak Rp10 miliar menjadi Rp60 miliar. Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo, menjelaskan ada faktor struktur tanah yang menyebabkan bertambahnya kebutuhan dana pembangunan.

"Iya ada tambahannya karena struktur tanah," kata Ari, Minggu (6/3).

Ari menyebut, dalam tiap pembangunan konstruksi terdapat faktor terlihat dan tidak terlihat. Faktor tidak terlihat dalam pembangunan sirkuit Formula E adalah struktur tanah yang gembur dan tidak padat.

Hal tersebut disebabkan, lahan di lokasi pembangunan terdiri dari tanah rawa serta tanah bekas galian proyek MRT Jakarta.

Untuk itu, pihaknya selaku kontraktor membutuhkan material tambahan guna melakukan pengerasan tanah agar siap dilapisi aspal. 

Penyelenggaraan Formula E di Jakarta ditargetkan bakal digelar pada Juni mendatang di Ancol, Jakarta Utara. Saat ini, Jakpro melalui kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama tengah membangun sirkuit di lokasi tersebut. (Hld/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Hari Ini, 250 Personel Satpol PP Serentak Tutup 12 Outlet Holywings di Jakarta

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:34 WIB
"Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim terpadu terhadap 12 outlet holywings yang ada di Jakarta ditemukan beberapa...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

BMKG: Hujan Berpotensi Mengguyur Jaksel dan Jaktim Siang Ini

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:31 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Jakarta Timur dan Selatan siang ini akan diguyur hujan dengan...
Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya