Jumat 14 Januari 2022, 11:09 WIB

Pemerintah Beberkan Alasan Utama Tarif KRL Bakal Naik Usai Tujuh Tahun

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemerintah Beberkan Alasan Utama Tarif KRL Bakal Naik Usai Tujuh Tahun

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
KRL

 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengakui, memang ada wacana untuk menaikkan tarif kereta rel listrik (KRL). Hal ini didasari oleh beberapa pertimbangan.

Alasan utama tarif tersebut akan naik dari Rp3 ribu menjadi Rp5 ribu didasari atas pelayanan pemerintah lewat pembangunan parasarana dan sarana kereta api yang diklaim semakin membaik.

"Misalnya, berkurangnya waktu tempuh dan waktu antrian masuk ke Stasiun Manggarai, yang sebelumnya memang cukup menghambat," ujar Adita dalam keterangan resmi, Jumat (14/1).

Alasan lainnya ialah dibangunnya rel dwiganda, revitalisasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, Stasiun Bekasi, dan sebagainya yang dianggap telah memberi kemudahan, keamanan dan kenyamanan kepada konsumen KRL. Sehingga tarif KRL seharusnya bisa disesuaikan.

"Operator, dalam hal ini PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), juga melakukan peningkatan layanan yang tidak kalah bagus. Misalnya, system ticketing, pelayanan di stasiun dan juga di atas kereta,” tutur Adita.

Selain itu, Adita menggarisbawahi selama enam tahun terakhir atau sejak 2015, pemerintah belum pernah melakukan penyesuaian tarif KRL satu kali pun.

Kemudian, dari hasil survei yang dilakukan Kemenhub juga mendukung adanya wacana kenaikan tarif KRL ini. "Sehingga, cukup wajar jika kemudian muncul wacana untuk menaikkan tarif, setelah berbagai layanan kepada konsumen terus ditingkatkan," jelasnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang Tidak Ajukan Eksepsi

👤Reporter: Pahrul Roji/ Penulis: NARENDRA WISNU KARISMA 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:30 WIB
Ketika ditanya oleh Hakim Ketua, Aji Suryo, terkait dakwaan JPU, keempat terdakwa yang merupakan petugas Lapas Kelas I Tangerang inipun...
MI/Andri Widiyanto

Kasus Omikron di Jakarta Terus Bertambah, Capai 1.697 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:24 WIB
"Perlu digarisbawahi bahwa 10.299 orang dari jumlah kasus aktif (84,4%) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Jika Gagal Nyapres, Anies Bisa Maju Lagi di Pilkada Jakarta 2024

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:10 WIB
Calon gubernur DKI, Anies masih memungkinkan karena Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilkada dilaksanakan pada bulan yang berbeda, meski...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya