Rabu 01 September 2021, 17:07 WIB

Sentra Vaksinasi Mini WhoSehat Layani 15 Ribuan Orang

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Sentra Vaksinasi Mini WhoSehat Layani 15 Ribuan Orang

DOK WhoSehat.
Sentra vaksinasi mini diadakan di RPTRA, sekolah, kantor kelurahan, kantor RW, hingga rumah tokoh masyarakat setempat.

 

SENTRA vaksinasi mini yang didukung oleh tenaga kesehatan Gerakan WhoSehat berhasil melayani 15.211 orang pada 1-31 Agustus 2021. Capaian itu diperoleh dari keterlibatan WhoSehat pada sentra vaksinasi mini di wilayah Puskesmas Pesanggrahan, Puskesmas Kebayoran Lama, Puskesmas Setiabudi, dan Puskesmas Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. 

Gerakan WhoSehat pada Agustus itu didukung oleh kolaborator dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Suharli, Sugiharto & Rekan, anggota dari ShineWing International. Sentra vaksinasi mini diadakan di RPTRA, sekolah, kantor kelurahan, kantor RW, hingga rumah tokoh masyarakat setempat dengan sasaran kurang dari 500 akseptor.

Penanggung jawab medis WhoSehat dr. Alfiane Indri Kaunang menyatakan rasa syukur bahwa selama Agustus tidak ada reaksi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) saat observasi sehingga akseptor pulang tanpa keluhan. "Kuncinya yaitu nakes taat prosedur sesuai acuan dari Kementerian Kesehatan dan kejujuran kondisi medis dari para calon akseptor. Nakes kami terpaksa menunda 942 calon akseptor karena kondisi medis yang tidak aman saat di-screening. Mereka pulang dengan rekomendasi treatment. Jika sudah terkendali, dalam satu-dua minggu kemudian sudah aman untuk divaksin," terang dr. Indri dalam keterangan resmi, Rabu (1/9).

Penanggungjawab nonmedis WhoSehat Lukcimo Jahja mengungkapkan kerja sama yang baik dengan pengelola lokasi, petugas dari kelurahan, dan pemeliharaan peralatan penunjang merupakan kunci utama dari sisi nonmedis yang menentukan keberhasilan sentra vaksinasi mini. "Dengan berbagai lokasi yang bervariasi, ukuran dan sarana prasarana yang berbeda dari hari ke hari, kerja sama petugas sangat menentukan keberhasilan vaksinasi. Peserta tidak kepanasan sehingga suhu naik atau alur penataan meja yang terhindari dari bottle neck antrean dan kelancaran petugas administrasi registrasi dan observasi P-care ini membangun kepercayaan masyarakat akan vaksinasi itu ramah akseptor karena dipersiapkan dengan baik," jelas Lukcimo.

Di sisi lain, Ketua panitia lapangan Kristian Thomas menyatakan bahwa sentra vaksinasi mini masih diperlukan untuk menjangkau banyak masyarakat Indonesia yang hampir tidak pernah keluar jauh dari lingkungan tempat tinggalnya. Sentra vaksinasi mini ala WhoSehat menjadi solusi dari hambatan vaksinasi karena puskesmas kekurangan tenaga kesehatan, persoalan jarak tempat tinggal ke lokasi vaksinasi, kebutuhan tempat pelaksanaan yang luas, dan persoalan administrasi seperti NIK dan Primary Care.

Baca juga: Hari ini Mal Artha Gading Gelar Vaksin Pfizer

Pemimpin Gerakan WhoSehat Michell Suharli menjelaskan bahwa sentra vaksinasi mini merupakan bentuk perjuangan bersama untuk pemulihan kehidupan masyarakat. Untuk itu WhoSehat akan mencari jalan-jalan kreatif baru untuk peningkatan layanan sentra vaksinasi mini baik secara kualitas penyelenggara maupun kuantitas penerima vaksin. "Kami percaya bahwa keberhasilan vaksinasi merupakan game changer yang memungkinkan bangsa Indonesia meyambut kehidupan sehari-hari bebas masker dan kerumunan menjadi kabar baik bagi kesejahteraan rakyat," tegas Michell. (OL-14)

Baca Juga

medcom.id

Polisi Terus Buru Pelaku Tabrak Lari Pesepeda Hingga Tewas di Pasar Minggu

👤Yakub Pryatama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:56 WIB
Polres Jaksel belum menemukan nomor polisi kendaraan yang diduga menabrak lari...
Dok. Bebek Kaleyo

Perluas CIta Rasa Olahan Bebek, Bebek Kaleyo Buka Outlet di Summarecon Bekasi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:12 WIB
Desain interior restoran Bebek Kaleyo Summarecon Bekasi bergaya scandinavian garden yang minimalis dipadu dengan ornamen batu...
AFP/Fayez Nureldine

Jakpro dan IMI Terbang ke Diriyah untuk Pelajari Penyelenggaraan Formula E 

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:47 WIB
Widi mengatakan, IMI bersama Jakpro sebagai panitia penyelenggara sedang mempelajari bagaimana penyelenggaraan balap Formula E di Diriyah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya